ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Fajarsari, Dewi Aprilia (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEWI APRILIA FAJARSARI 16120113.pdf] Text
DEWI APRILIA FAJARSARI 16120113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Dewi Aprilia Fajarsari, NPM 16120113, ”Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan
Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perkalian Di Kelas
III Sekolah Dasar”. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen Pembimbing I
Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Ryky Mandar
Sary, S.Pd., M.Pd. Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa
yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk
soal cerita. Hal tersebut dikarenakan siswa belum mampu memahami makna
kalimat dari soal cerita, siswa masih kesulitan dalam mengubah soal cerita ke
model matematika bahkan ada siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal cerita
karena tidak dapat menentukan langkah-langkah penyelesaiannya. Fokus
penelitian ini adalah yang pertama yaitu bagaimana kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa kelas III dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian?
Fokus penelitian yang kedua yaitu Berapa persentase kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa kelas III dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian?
Tujuan penelitian ini yang pertama untuk menganalisis dan mengidentifikasi
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian.
Selanjutnya tujuan yang kedua yaitu melakukan perhitungan persentase
masing-masing tipe kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara dengan
subjeknya siswa dan guru kelas III SDN Kalikayen. Instrumen penelitian ini tes
materi perkalian, wawancara siswa dan guru. Prosedur pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini
perpanjang pengamatan, triangulasi data, diskusi teman sejawat. Metode analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
berdasarkan Teori Newman yaitu ada 4 kesalahan yang dilakukan. Pertama
kesalahan memahami sebanyak 7 total kesalahan yang persentasenya 8,75%.
Kesalahan kedua kesalahan transformasi ada 12 total kesalahan dengan persentase
15%. Selanjutnya ketiga kesalahan keterampilan proses 29 kesalahan persentase
36,25%. Terakhir kesalahan penulisan jawaban akhir 29 kesalahan persentase
36,25%. Selanjutnya kesalahan yang dilakukan siswa pada semua tipe kesalahan
ada 77 kesalahan dan 320 jumlah kesalahan total yang mungkin terjadi dengan
total persentase 24,06%.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan agar siswa
terhindar dari kesalahan dalam mengerjakan soal yaitu guru hendaknya meminta
siswa untuk lebih teliti dalam membaca soal dan membiasakan siswa untuk
mengerjakan soal secara terperinci mulai dari apa yang diketahui dan ditanyakan
pada soal lalu ditulis perkaliannya dan menghitung dengan benar yang terakhir
menuliskan penulisan jawaban akhir diawali kata “jadi” diikuti dengan apa yang
ditanyakan pada soal baru tulis hasil dari pengerjaan perkaliannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:57
Last Modified: 16 Jan 2024 02:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item
View Item