IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN P5 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BANDUNGREJO 2 KABUPATEN DEMAK

PUTRIE, HALIMAH STEPHANY (2023) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN P5 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BANDUNGREJO 2 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HALIMAH STEPHANY PUTRIE 19120254.pdf] Text
HALIMAH STEPHANY PUTRIE 19120254.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

HALIMAH STEPHANY PUTRIE. NPM 19120254. “Implementasi Profil
Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran P5 Peserta Didik Kelas IV SD N
Bandungrejo 2 Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing 1: Moh.Aniq KHB, S.Pd., M. Hum dan Dosen Pembimbing II: Mei
Fita Asri Untari, S.Pd ., M.Pd. Mei 2023.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana
implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di SDN Bandungrejo
2 Kabupaten Demak?, (2) Bagaimana metode yang ditempuh untuk penguatan
karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di SDN
Bandungrejo 2 Kabupaten Demak?, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat
implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di SDN Bandungrejo
2 Kabupaten Demak?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5, faktor pendukung
dan penghambat dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
P5 peserta didik kelas IV SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di SDN
Bandungrejo 2 Kabupaten Demak dengan teknik pengumpulan data berupa
triangulasi menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Bandungrejo 2
Kabupaten Demak memiliki program sekolah yang mendukung implementasi
Profil Pelajar Pancasila dan sudah terintegrasi dalam pembelajaran kokurikuler P5.
Bentuk implementasi Profil Pelajar Pancasila yang di dukung oleh program sekolah
berupa budaya sikap salam, sopan dan santun, kegiatan literasi rutin, sholat dhuha
dan sholat dzuhur berjamaah di sekolah, pembacaan surat-surat pendek untuk kelas
1,2,3 sebelum pembelajaran, pembecaan surat yasiin untuk kelas 4,5,6 sebelum
pembelajaran, serta peserta didik diminta untuk membawa botol minum dan tempat
makan sendiri dari rumah untuk mengurangi sampah plastik. Sedangkan pada
kegiatan kokurikuler P5 dilakukan secara fleksibel sesuai dengan guru kelas
masing-masing. Target implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
P5 ada dua dimensi, yakni Beriman, Bertawa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
Berakhlak Mulia, serta Kreatif. Bentuk implementasi tersebut berupa kegiatan
Saberling “Sapu Bersih Lingkungan”, melakukan pemilihan sampah di lingkungan
sekolah, membuat wadah pensil dari sampah sedotan plastik, dan melakukan projek
menggambar secara kelompok dan individu.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan yaitu hendaknya
orangtua memberikan support atau dukungan penuh untuk sekolah dalam
pelaksanaan pembelajaran P5. Keduanya harus selaras agar target dan tujuan dari
implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran P5 dapat tercapai.
Apabila ada rasa saling dukung antara orangtua dan pihak sekolah, tentunya
hambatan dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila tersebut tidak akan terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:31
Last Modified: 16 Jan 2024 02:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item
View Item