KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTU MEDIA KONKRET TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS KELAS V SD NEGERI 01 KARANGASEM

Erviana, Desy (2023) KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTU MEDIA KONKRET TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS KELAS V SD NEGERI 01 KARANGASEM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DESY ERVIANA 16120181.pdf] Text
DESY ERVIANA 16120181.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Desy Erviana. 16120181. “Keefektifan Model Somantic Auditory Visual
Intellectualy Berbantu Media Konkret terhadap Ketrampilan Proses Sains Kelas V
SD Negeri 01 Karangasem”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena peserta didik
kurang memiliki kemampuan ketrampilan proses sains, persentase hasil ulangan
yang masih rendah pada indikator ketrampilan proses sains, kurangnya interaksi
antara peserta didik dan guru dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan model
pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan media
pembelajaran yang menarik oleh guru, sehingga peserta didik merasa jenuh.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Model Somatic Auditory
Visualization Intellectualy berbantu media konkret efektif terhadap ketrampilan
proses sains peserta didik V SD Negeri 01 Karangasem?.
Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif desain One Group Pretest
Posttest Desain. teknik sampling yang digunakan adalah teknik Nonpropability
Sampling, yaitu peserta didik kelas V SDN 01 Karangasem yang berjumlah 36
yang terdiri atas 11 siswa dan 25 siswi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada kelas V SD Negeri 01
Karangasem didapatkan sebuah hasil penelitian bahwa bahwa nilai Sig. (2-tailed)
< 0,05 yaitu 0,000<0,05, dapat diartikan bahwa ada peningkatan ketrampilan
proses sains pada materi lingkungan sehat kita. Hasil analisis statistik non
parametrik dengan menggunakan teknik analisis sign test wilcoxon sebesar 10.716
dan ttabel diperoleh sebesar 2,009 pada taraf signifikan 5%, berarti thitung (10.716) >
ttabel (2,009), maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “model somantic
auditory visual intellectualy berbantu media konkret efektif terhadap ketrampilan
proses sains kelas V SD Negeri 01 Karangasem” diterima.
Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya guru menerapkan model
pembelajaran yang menyenangkan atau dengan dibantu media pembelajaran
seperti video atau lainnya.
Kata Kunci : Model Somantic Auditory Visual Intellectualy, Media Konkret,
dan Ketrampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:28
Last Modified: 16 Jan 2024 02:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item
View Item