KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 03 SEMARANG

SETIAWAN, ANGGUN (2023) KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGUN SETIAWAN 19120338.pdf] Text
ANGGUN SETIAWAN 19120338.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Keefektifan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa
di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang yang belum menerapkan
pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang berbasis STEAM untuk
mendukung potensi life skill yang dimiliki oleh siswa SD Negeri Rejosari 03 baik
generic life skill maupun spesific life skill sehingga pembelajaran kurang
mendukung aktivitas siswa pada saat kegiatan pembelajaran dikelas berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana keefektifan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa
di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lapangan
(Field Research) dalam pelaksanaannya menggunakan metode pendekatan
penelitian kuantitatif. Dalam laporan ini data memungkinkan berasal dari angket
life skill, angket LKPD, silabus, naskah wawancara, RPP, catatan lapangan, foto,
video, dan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Pada prosesnya memiliki tujuan untuk
mengetahui keefektifan dalam penggunaan LKPD berbasis STEAM, serta
menguji hipotesis yang telah ditetapkan oleh peneliti. Sampel yang diambil adalah
45 siswa yaitu kelas eksperimen 22 siswa dan kelas kontrol 23 siswa.
Berdasarkan hasil uji paired sample t-test pada hasil life skill siswa kelas
eksperimen dan kelas kontrol di dapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <0,05
yang artinya ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol dalam
menggunakan LKPD berbasis STEAM terhadap life skill siswa. Dari hasil
tersebut kelas eksperimen dalam proses pembelajaran diberikan perlakuan
menggunakan LKPD berbasis STEAM bermuatan life skill. Berdasarkan hasil uji
homogen life skill eksperimen dan kontrol sebesar 0,653 >0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa varians data life skill eksperimen dan kontrol adalah sama atau
homogen.
Hasil angket life skill kelas eksperimen menunjukkan rata-rata
67.45967742 angket life skill ini menunjukkan kriteria baik dan Pada kelas kontrol
dalam angket life skill ini menunjukkan kriteria cukup baik dengan perolehan skor
rata-rata sebesar 53.00403226. Hasil data LKPD setelah diberi perlakuan
diperoleh rata-rata 52.2962963, angket LKPD berbasis STEAM termasuk
kedalam kategori cukup mudah menggunakan LKPD berbasis STEAM.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keefektifan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa di kelas IV
SD Negeri Rejosari 03 Semarang mampu membawa dampak baik dan keefektifan
terhadap life skill yang dimiliki siswa kelas IV yaitu yang terdiri dari kecakapan
personal, kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:22
Last Modified: 16 Jan 2024 02:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item
View Item