PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN SENI ORIGAMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AL FIRDAUS BATURSARI MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rachmawati, Diajeng Fitria (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN SENI ORIGAMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AL FIRDAUS BATURSARI MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIAJENG FITRIA RACHMAWATI 20156042.pdf] Text
DIAJENG FITRIA RACHMAWATI 20156042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena kurangnya kemampuan motorik
halus anak melalui melipat pada anak didik kelompok B di TK Al Firdaus, hal ini
ditunjukkan dari berbagai kegiatan motorik halus anak-anak masih belum bisa
menggunting pola sederhana, mewarnai dengan cara mengenggam krayon, dan
belum mampu menjimpit biji-bijian untuk dimasukkan kedalam botol. Setelah
diamati hal ini terjadi karena pembelajaran tidak menggunakan media. Selain itu
pendekatan yang diberikan di sekolah belum maksimal terhadap perkembangan
kemampuan motorik halus anak.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus
anak melalui kegiatan melipat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Semester II pada bulan Mei-Juni 2023.
Subjek penelitian ini adalah anak didik TK Al Firdaus Kelompok B tahun
pelajaran 2022/2023 sebanyak 20 anak. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dari hasil
observasi. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.
Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak
meningkat setelah adanya tindakan melalui melipat. Pada saat dilakukan observasi
pratindakan, presentase kemampuan motorik halus anak sebesar 28%. Pada Siklus
I pertemuan pertama sebesar 36% dengan peningkatan 8%, Siklus I pertemuan
kedua sebesar 45% dengan peningkatan 9%, Siklus I Pertemuan ketiga sebesar
52% dengan peningkatan 7%, Siklus II pertemuan pertama sebesar 62% dengan
peningkatan 10%, Siklus II pertemuan kedua sebesar 75% dengan peningkatan
13%, Siklus II pertemuan ketiga sebesar 92% dengan peningkatan 17%. Perolehan
presentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak
Kelompok B dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan
sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Kemampuan motorik halus, Anak Kelompok B, Melipat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:16
Last Modified: 16 Jan 2024 02:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item
View Item