DEWI, GANIS LUTVIANA (2023) AKTUALISASI NILAI PERSATUAN DALAM KEGIATAN BELAJAR KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 2 UNGARAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GANIS LUTVIANA DEWI 19210056.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ganis Lutviana Dewi 19210056 “Aktualisasi Nilai Persatuan dalam
Kegiatan Belajar Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di
SMA Negeri 2 Ungaran”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini didasarkan
pada aktualisasi Nilai Persatuan yang berbeda dari setiap siswa pada kegiatan
belajar kelompok. Sehingga perlu adanya kontroling dari para guru agar semua
siswa dapat mengaktualisasikan nilai persatuan dalam kegiatan belajar
kelompok. Pneliti melihat dari Aktualisasi Nilai Persatuan dalam Kegiatan
Belajar Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2
Ungaran ini sudah berjalan dengan baik, tapi masih ada beberapa siswa yang
masih belum mengaktualisasikan nilai persatuan dengan benar. Rumusan
masalah penelitian ini adalah Bagaimana aktualisasi nilai persatuan dalam
kegiatan belajar kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA
Negeri 2 Ungaran. Penelitian ini berfokus pada aktualisasi nilai persatuan
dalam kegiatan belajar kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di
kelas.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Setting
penelitian berada di SMA Negeri 2 Ungaran, peneliti melakukan penelitian
dilapangan dengn mengadakan observasi dan wawancara dengan 7 (tujuh)
subjek yang akan diteliti yaitu mulai dari waka kurikulum, guru PPKn, dan 5
peserta didik di SMA Negeri 2 Ungaran. Proses tersebut dinamakan tahap
pengumpulan data, karena data yang dikumpulkan banyak, maka diadakan
reduksi data. Setelah reduksi data kemudian diadakan sajian data.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Aktualisasian nilai persatuan
dalam kegiatan belajar kelompok di SMA Negeri 2 Ungaran ini juga sudah
baik. Tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai
persatuan. 2) Masih ada beberapa kendala dalam mengaktualisasikan nilai
persatuan pada kegiatan belajar kelompok ini. 3) Cara guru menghadapi semua
kendala sudah baik yaitu dengan memberikan konsekuensi dan sanski untuk
beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai persatuan dalam kegiatan
belajar kelompok ini.
Kesimpulan dari penelitian ini menggambarkan pentingnya aktualisasi
nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok, khususnya pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Ungaran mapel yang
mempelajari Nilai-nilai Pancasila. Aktualisasi nilai Pancasila merupakan
perwujudan dari pengamalan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan Nilai Persatuan
dalam kegiatan belajar kelompok diartikan sebagai gerakan bersama untuk
mencapai tujuan bersama.
Kata Kunci : Aktualisasi, Nilai Persatuan, Kegiatan Belajar Kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:04 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/842 |