Pengembangan Media Pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) Berbasis Multimedia dengan Adobe Flash Pada Siswa Kelas I SD Supriyadi SEMARANG

Febriana, Berliyan (2023) Pengembangan Media Pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) Berbasis Multimedia dengan Adobe Flash Pada Siswa Kelas I SD Supriyadi SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BERLIYAN FEBRIANA 19120128.pdf] Text
BERLIYAN FEBRIANA 19120128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berliyan Febriana. NPM 19120128. “ Pengembangan Media Pembelajaran SIPA
(Sila Pancasila) Berbasis Multimedia ADOBE FLASH Pada siswa Kelas 1 SD
Supriyadi Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1. Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd dan
pembimbing II Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd.
Berdasarkan angket dan wawancara yang telah dilaksanakan peneliti
dengan guru kelas I didapatkan permasalahan yaitu belum maksimalnya
pemahaman materi pengamalan sila-sila pancasila, dikarenakan pembelajaran yang
kurang menarik baik dalam karakteristik maupun pengembangan. Guru hanya
memberikan gambaran bahwa guru menyiapkan materi yang bersumber dari buku
siswa dan buku guru. Beberapa peserta didik cenderung mengalami kebosanan
dalam belajar mengajar yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar
mata pelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga peserta didik menjadi tidak
maksimal dalam proses belajar mengajar.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Untuk
menggunakan pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila pancasila) berbasis
multimedia dengan Adobe Flash pada siswa kelas I. (2) Untuk mengetahui
kelayakan pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis
multimedia dengan Adobe Flash pada siswa kelas I.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research
and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan
menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media
pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia dengan Adobe Flash
berbentuk media pembelajaran ini hanya sampai mengetahui evaluasi media
pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash. Penelitian
dan pengembangan media ini dilaksanakan di SD Supriyadi. Hasil dari evaluasi
yang sudah didapat dari hasil angket dan guru berupa skala Likert bentuk checklist
dan hasil angket respon siswa berupa skala Guttman bentuk “Ya” atau “Tidak”
menyatakan bahwa media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia
Adobe Flash sudah layak digunakan untuk menjawab kebutuhan siswa dan media
pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash sudah bisa
digunakan sebagai pendamping pembelajaran siswa.
Validasi ahli media memperoleh hasil validator I dan validator II adalah
95% dan 93% sedangkan hasil validasi materi memperoleh hasil validator I dan
validator II adalah 98% dan 92%. Simpulannya, pengembangan media
pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash termasuk
dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil coba lapangan dengan
menggunakan angket respon guru kelas I diperoleh 85% dan berdasarkan angket
respon siswa kelas I memperoleh 96%. Simpulannya, pengembangan media
pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash termasuk
dalam kategori “Sangat layak” dan dapat digunakan oleh guru sebagai media
pembelajaran di dalam kelas untuk memahami sila pancasila di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:59
Last Modified: 16 Jan 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item
View Item