YUSTANTI, RISCI INTAN (2020) PENGEMBANGAN MEDIA TELEVISI BERKANTONG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RISCI INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Abstrak: penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara yaitu tidak adanya
alokasi dana dalam pembuatan media, terbatasnya waktu bagi guru dalam
membuat media dikarenakan kesibukan di sekolah dan di rumah, serta kurangnya
antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah
(1) Untuk Mengetahui bagaimana pengembangan media Televisi Berkantong pada
tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II Sekolah Dasar (2) Untuk mengetahui
bagaimana kelayakan media Televisi Berkantong pada tema Hidup Bersih dan
Sehat Kelas II Sekolah Dasar (3) Untuk mengetahui bagaimana kevalidan media
Televisi Berkantong pada tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau
Research and Development(R&D) dengan menggunakan model pengembangan
Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian ahli validasi
materi pembelajaran, ahli validasi media pembelajaran, angket respon guru, dan
angket respon siswa. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli materi dan ahli media
pembelajaran adalah 96,13% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil perhitungan
angket respon guru adalah 94,40% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil
perhitungan angket respon siswa adalah 93,71% dengan kategori “Sangat Baik”.
Kesimpulannya bahwa pengembangan media Televisi Berkantong layak
digunakan dalam pembelajaran dan dapat diterima dengan baik oleh guru maupun
siswa pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Subtema 1 Hidup Bersih dan Sehat di
Rumah Pembelajaran 1 dan 2.
Kata Kunci: Pengembangan, media Televisi Berkantong, hidup bersih dan sehat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:51 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8352 |