USDAHATI, RISA DEWI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN MEMBENTUK MOCHI DALAM SENTRA MASAK PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK PK 3 A KEMIJEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RISA DEWI USDAHATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
RISA DEWI USDAHATI. NPM 12150019.“UPAYA MENINGKATKAN
KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN MEMBENTUK MOCHI
DALAM SENTRA MASAK PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK PK 3
A KEMIJEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020 ”, Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI Semarang.Purwadi, S.Pd., M.Pd dan
Dwi Prasetyowati D.H, S.Pd., M. Pd. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankreativitasanak melalui
permainan membentuk geometri menggunakan media mochi dalam sentra masak.
Hal tersebut disebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan pada anak untuk
melakukan kegiatan kreativitassecara mandiri sebagai bentuk pembiasaan yang
akan membuat anak terbiasa melakukan kegiatan hidup sehari-hari tersebut tanpa
bantuan orang lain.
Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) Kurangnya kreativitas anak saat
membentuk geometri menggunakan media mochi buah dalam sentra masak.2) Anak
kurang aktif dalam kegiatan membentuk geometri menggunakan media mochi, 3)
Fasilitas yang ada kurang mendukung kegiatan. 4) kurangnya minat anak dalam
kegiatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelompok B TK PK 3 Kemijen Semarang tahun
pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang diambil adalah 18 siswa yang terdiri
10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara dan observasi.
hasil analisis yang diperoleh dari awal penelitian ada 4 (15,4%) anak dengan
kategori baik,kemudian peneliti memberikan siklus I kepada anak untuk
meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Siklus I mengalami peningkatan
mencapai 54% (7 anak) dari 13 anak dengan kategori baik, karena belum berhasil
maka diberikanlah siklus II. Siklus kedua ini memberikan kenaikan sebesar 85%
(11 anak) dengan kategori baik dan dapat dikatakan penelitian ini berhasil sehingga
tidak perlu melanjutkan siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya pembelajaran CTL ini digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk
meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak dalam mengajar.
Kata kunci: kemampuan kreativitas permulaan dan permainan membentuk mochi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:42 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8349 |