APRILIANA, RIPIT (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI LIHAT DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 TLOGOTUNGGAL KABUPATEN REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIPIT APRILIANA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
RIPIT APRILIANA. NPM 16120028 “Analisis Kesulitan Belajar Siswa
Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Di Lihat dari Kemampuan
Menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD Negeri 2
Tlogotunggal Kabupaten Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd., dan pembimbing II M. Yusuf
Setya Wardana, S.Pd., M.Pd., Oktober, 2020.
Fokus penelitian ini membahas bagaimana kesulitan belajar siswa kelas IV
SD Negei 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang di lihat pada kemampuan
pemecahan masalah matematika materi pecahan dan Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tlogotunggal
Kabupaten Rembang di lihat pada kemampuan pemecahan masalah matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas IV
SD Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang di lihat pada kemampuan
pemecahan masalah matematika materi pecahan dan untuk mendeskripsikan
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV SD
Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang di lihat pada kemampuan pemecahan
masalah matematika.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi,
soal, angket, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan siswa
kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat
kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 2
Tlogotunggal di lihat dari kemampuan pemecahan masalah matematika,
diantaranya sebagai berikut: (1) kesulitan siswa dalam merencanakan masalah,
melaksanakan rencana, dan menarik kesimpulan. (2) faktor-faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar di lihat pada kemampuan pemecahan masalah
matematika antara lain dari aspek lingkungan keluarga dan aspek lingkungan
sekolah.
Saran dalam penelitian ini, kepada siswa yaitu sebaiknya ketika dalam
kegiatan belajar mengajar siswa lebih memperhatikan guru saat menjelaskan
materi dengan baik sehingga ketika siswa ada yang belum paham dengan materi
yang disampikan guru bisa langsung ditanyakan. Saran yang disampaikan kepada
guru, alangkah baiknya ketika pembelajaran guru bisa menggunakan model
pembelajaran ataupun variasi dalam pembelajaran yang semenarik mungkin agar
siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran pemecahan masalah
matematika.
Kata kunci: kesulitan belajar, pemecahan masalah matematika, pecahan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8348 |