PENERAPAN MODEL BERRPIKIR BERPASANGAN BERBAGI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN FILM PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII U SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

FITRIYANINGTYAS, RINA (2020) PENERAPAN MODEL BERRPIKIR BERPASANGAN BERBAGI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN FILM PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII U SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of rina fitriyaningtyas.pdf] Text
rina fitriyaningtyas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rina
Fitriyaningtyas.
NPM
15410268.Penerapan
Model
Berpikir
Berpasangan Berbagidalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film Pendek pada
Peserta Didik Kelas VIII U SMP Negeri 1 Demak Tahun Pelajaran 2018 / 2019.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Agus Wismanto, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Drs.
Murywantobroto, M.Hum. Agustus 2019.
Kata kunci: penerapan model berpikir berpasangan Berbagi, pembelajaran
menulis teks ulasan, film pendek.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis teks ulasan yang
masih rendah pada peserta didik kelas VIII U SMP Negeri 1 Demak tahun
pelajaran 2018/2019. Hal ini perlu adanya penerapan model pembelajaran yang
inovatif untuk pembelajaran menulis teks ulasan. Model yang digunakan adalah
model Berpikir Berpasangan Berbagi. Model Berpikir Berpasangan Berbagidipilih
karena jarang digunakan. Dengan Model Berpikir Berpasangan Berbagipeserta
didik dilatih untuk berpikir sehingga mampu memperdayakan kemampuan
berpikir dan rasa percaya diri peserta didik. Film pendek dipilih untuk melatih
fokus peserta didik terhadap satu tujuan. Sehingga dengan film pendek peserta
didik mampu meningkatkan kefokusan dan ketenangan dalam proses belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas tes dan non tes. Teknik tes
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian membuat teks ulasan,
sedangkan teknik non tes yaitu berupa observasi, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VIII
U SMP Negeri 1 Demak tahun pelajaran 2018/2019, maka disimpulkan bahwa
model Berpikir Berpasangan Berbagidapat diterapkan dalam pembelajaran
menulis teks ulasan film pendek pada kelas VIII U SMP Negeri 1 Demak tahun
pelajaran 2018/2019. Hal itu dibuktikan dari nilai yang diperoleh peserta didik
dalam menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
pada teks ulasan menggunakan model Berpikir Berpasangan Berbagimemperoleh
nilai tertinggi 94 sebanyak 20 peserta didik dari 30 peserta didik dan nilai 87
sebanyak 10 peserta didik dari jumlah 30 peserta didik. Dari nilai tersebut,
diperoleh nilai rata-rata 92.
Peserta didik merasa nyaman dan lebih mudah berkonsentrasi dengan
model pembelajaran yang baru dan inovatif. Penerapan model Berpikir
Berpasangan Berbagidianggap sebagai model pembelajaran yang efektif karena
peserta didik mudah fokus dan merasa mudah mengerjakan tugas.
Saran yang penulis sampaikan adalah guru mampu meningkatkan proses
belajar yang kreatif, menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
sehingga peserta didik merasa nyaman dan senang mengikuti pelajaran, untuk
peserta didik diharapkan selalu aktif dan konsentrasi dengan nyaman sehingga
kegiatan menulis dapat dilakukan dengan hasil yang bagus, kemudian bagi
peneliti yang lain, dapat dijadikan referensi kemudian dikembangkan lagi dengan
penelitian yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:35
Last Modified: 21 Nov 2024 02:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item
View Item