PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEWI, RIMBA INANTA FADMA (2020) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Rimba Inanta F D.pdf] Text
Rimba Inanta F D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rimba Inanta Fadma Dewi. NPM 15410219.“Penerapan Media Gambar pada
Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Blora Tahun Pembelajaran 2018/2019”.
Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing 1 Agus Wismanto, S.Pd., M.Pddan dosen pembimbing II Mukhlis,
S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kurang antusias terhadap
pembelajaran menulis teks persuasi di kelas dan penggunaan media pembelajaran
yang tidak variatif. Oleh karena itu, media gambar dipilih peneliti untuk
memudahkan peserta didik dalam materi teks persuasi dengan kegiatan
pembelajaran menulis teks persuasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana “Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Teks
Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Blora?”
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media gambar
dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Blora. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019. Subjek dalam penelitian ini
yaitu peserta didik kelas VIIIC.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian yaitu tes dan non tes. Tes yang dilaksanakan berupa tes tertulis yaitu
menulis teks persuasi, sedangkan non tes berupa observasi, wawancara, dan
angket. Teknik pengumpulan data berupa soal tes, observasi kegiatan
pembelajaran di dalam kelas, dan angket yang diisi oleh peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data yang didapat, setelah menggunakan media
gambar proses pembelajaran teks persuasi dan menulis teks persuasi terlaksana
dengan lancar, karena adanya penerapan media gambar ini dapat memudahkan
peserta didik dalam menerima materi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh
peneliti. Peserta didik dapat bertukar pendapat. Hasil tes atau nilai rata-rata materi
puisi dengan menerapkan media gambar mendapat hasil 80,6.
Hasil observasi dan analisis angket sikap siswa terhadap media gambar
menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut menyenangkan dan dapat diterapkan
dalam pembelajaran menulis teks persuasi dengan mayoritas peserta didik
merespon positif pada angket tentang pembelajaran menulis teks persuasi. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar mempengaruhi
peserta didik dalam pembelajaran
Kata kunci : Media Gambar, Keterampilan, Menulis, Teks Persuasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:33
Last Modified: 21 Nov 2024 02:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item
View Item