DAMPAK NILAI MORAL DALAM FILM “RUMAH TANPA JENDELA” BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SD N REJOSARI 02 SEMARANG

SARI, RIKA FITRIA (2020) DAMPAK NILAI MORAL DALAM FILM “RUMAH TANPA JENDELA” BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SD N REJOSARI 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIKA FITRIA SARI.pdf] Text
RIKA FITRIA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

RIKA FITRIA SARI. NPM 16120249. “Dampak Nilai Moral Dalam Film
“Rumah Tanpa Jendela” Bagi Siswa Sekolah Dasar SD N Rejosari 02 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya moral
generasi muda akibat perkembangan IPTEK yang begitu cepat telah memberikan
perubahan yang signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia,
diantaranya dalam bidang pendidikan sehingga menimbulkan perubahan sifat
atau tingkah laku anak yang dipengaruhi oleh tayangan-tayangan film. Perubahan
itu ditandai dengan maraknya seks bebas dikalangan anak muda sekarang,
merokok, percintaan, dan lain sebagainya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana
dampak nilai moral “Film Rumah Tanpa Jendela” bagi Siswa Sekolah Dasar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak nilai
moral dalam film “Rumah Tanpa Jendela” Serta nilai moral apa saja yang bisa
diambil setelah siswa menonton film.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil data
sesuai dengan fakta di lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan
dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas V SD N
Rejosari 02 Semarang. Data yang diperoleh menggunakan teknik simak catat,
angket, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa film “Rumah Tanpa Jendela” sangat
cocok ditontonkan untuk anak usia Sekolah Dasar. Film “Rumah Tanpa Jendela”
berdampak kepada siswa untuk menjadi manusia yang bermoral. Siswa sangat
ingin meniru perilaku yang baik dari film yang mereka tonton. Berdasarkan
wawancara yang sudah dilakukan dengan guru kelas dan orang tua siswa bahwa
film ini sangat cocok untuk siswa SD dan dapat dijadikan sarana penanaman
moral untuk anak. Menurut orang tu dan guru bahwa penanaman moral anak
sangat penting dilakukan mulai usia dini, agar nantinya kalau mereka sudah lanjut
ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mereka sudah tau mana moral yang baik
dan
mana
yang
tidak
baik
karena
sudah
dibekali
sejak
kecil.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bagi guru
diharapkan bisa mengajarkan tentang moral yang baik untuk anak. Karena kalau
sejak kecil anak dididik dengan norma baik, maka setelah dewasa anak akan
menjadi manusia yang memiliki moral baik. Bagi orangtua diharapkan bisal
membimbing dan memantau anak ketika sedang melihat televisi, supaya orangtua
bisa mengarahkan mana yang bain untuk anak dan mana yang tidak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:20
Last Modified: 21 Nov 2024 02:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item
View Item