NISA, RIKA CHOLISOTUN (2020) PENGARUH MEDIA CELEMEK BERBISIK TERHADAP KONSEP DIRI ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK KUNCUP SARI SEMARANG SEMESTER GASAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIKA CHOLISOTUN NISA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
RIKA CHOLISOTUN NISA. NPM 15150007. “Pengaruh Media Celemek
Berbisik terhadap Konsep Diri Anak Usia 4 – 5 tahun di TK Kuncup Sari
Semarang Semester Gasal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dr. Ir. Anita Chandra Dewi Sagala, M,Pd. Dan Dosen Pembimbing
II Ismatul Khasanah, S.Pd.I., MPd.
Banyak dijumpai pada anak usia 4 – 5 tahun yang mempunyai sikap
kurangnya rasa berani serta percaya diri pada anak, kurangnya kejelasan dalam
mengungkapkan argumentasi mereka, belum terbentuknya sikap kesadaran diri
dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Sikap – sikap tersebut
merupakan ciri – ciri rendahnya konsep diri pada anak dan salah satu faktor
penyebabnya adalah kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan
dalam meningkatkan konsep diri pada anak. Salah satu media yang menarik dalam
pembelajaran anak adalah media celemek berbisik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh
media celemek berbisik terhadap konsep diri anak usia 4 – 5 tahun di TK kuncup
Sari Semarang Semester Gasal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah media celemek berbisik berpengaruh terhadap
perkembangan konsep diri anak usia 4 – 5 tahun TK Kuncup Sari Semarang
Semester Gasal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Experimental Design dengan desain penelitian Noon Ekuivalen, Pretest – Posttest
Design. Populasi penelitian adalah Kelompok A dan B TK Kuncup Sari Semarang
Semester Gasal. Sampel yang diambil adalah acak dari kelompok A dan B TK
Kuncup Sari Semarang yang berjumlah 30 anak kemudian dibadi menjadi 2
kelompok dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Data dalam
penelitian ini diperoleh dari observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih dari ttabel
(3,414636186 > 1,701). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak.
Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan media celemek berbisik
terhadap konsep diri anak usia 4 – 5 tahun TK Kuncup Sari Semarang
.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
celemek berbisik dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk
meningkatkan konsep diri anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:17 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8340 |