PENGARUH MODEL THINK PAIR SHAREBERBANTU MEDIA GEOBOARD MELALUI SISTEM DARINGTERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ASEMDOYONG PEMALANG

ATUSSILMI, RIFQI (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHAREBERBANTU MEDIA GEOBOARD MELALUI SISTEM DARINGTERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ASEMDOYONG PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIFQI ATUSSILMI 16120048.pdf] Text
RIFQI ATUSSILMI 16120048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RIFQI ATUSSILMI. NPM 16120048. “Pengaruh Model Think Pair Share Berbantu
Media Geoboard melalui Sistem Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Diana Endah Handayani, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Drs. Suyitno
YP, M.Pd November.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti ingin berinovasi
menerapkan model pembelajaran think pair share melalui sistem daring. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah model think pair share (TPS) berbantu media
geoboard melalui sistem daring berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas IV SD Negeri03 Asemdoyong? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan mengggunakanpendekatanpenelitianTrue Experimental Design dengan jenis
penelitianOne- groupPrestest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong. Sampel penelitian ini adalah
kelompok siswa kelas IV di SD Negeri 03 Asemdoyong. Terdapat satu kelas yang
akan diberi soal pada awal pembelajaran berupa soal pretest.Soal pretest diberikan
sebelum pembelajaran. Setelah mengerjakan soal posttest kemudian siswa akan
diberikan perlakuan yaitu denganpembelajaran model think pair share, setelah diberi
perlakuan, pada akhir pembelajaran siswa diberi soal posttest.Data yang telah diolah
dengan uji normalitas menunjukkan bahwa data tersebut merupakan data yang
berdistribusi normal dengan perolehan Lhitung< Ltabel yaitu 0,13806< 0,19 pada pretest,
sedangkan pada posttest Lhitung< Ltabel yaitu 0,0877< 0,19.Selanjutnya untuk
mengetahui apakah model think pair share (TPS) dengan media geoboard
berpengaruh terhadap hasil belajar matematikakelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong,
maka dilakukan uji-t. Hasil analisis data akhir untuk pengujian hipotesis diperoleh
thitung> ttabel yaitu 9,8086>2,093, maka H0 ditolak dan Ha diterima, model think pair
share (TPS) berbantu media geoboardmelalui sistem daring berpengaruh terhadap
hasil belajar matematikakelas IV SD Negeri 03 AsemdoyongPemalang.
Berdasarkan hasil penelitianini saran yang dapat disampaikan diantaranya:(1)
Bagi siswa, model pembelajaran think pair shareberbantu media geoboardmelalui
sistem daring dapat digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir siswa
meningkat, karena model ini siswa dapat melatih kemampuan individu dalam
berkelompok;(2)Bagi guru,peneliti menyarankan agar pada pembelajaran selanjutnya
model think pair sharetidak hanyadigunakan bersama media geoboardtetapi dapat
digunakan dengan media pembelajaran lainnya, dan peneliti menyarankan agar guru
berinovasi menerapkan model pembelajaran lainnya dalam pembelajaran daring; (3)
Bagi sekolah, pada penelitian ini peneliti menyarankan agar sekolah dapat
mendukung sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran daring terutama
dalam kondisi khusus salah satunya dimasa pandemi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:11
Last Modified: 21 Nov 2024 02:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8338

Actions (login required)

View Item
View Item