SETYANINGRUM, RIFKA MAULANA (2020) KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF AKSARA JAWA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-KAUTSAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIFKA MAULANA SETYANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Rifka Maulana Setyaningrum “Kemampuan Menulis Paragraf Aksara
Jawa Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Kautsar Semarang Tahun Ajaran 2019”.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Alfiah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Bambang Sulanjari, S.S., M.A.
Januari 2020.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Aksara Jawa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VII
SMP Islam Al-Kautsar dalam menulis paragraf aksara Jawa. Berhubungan dengan
masalah tersebut, maka rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimana
kemampuan menulis paragraf aksara Jawa siswa kelas VII SMP Islam Al-Kautsar
Semarang tahun 2019? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil kemampuan
menulis paragraf aksara Jawa siswa kelas VII SMP Islam Al-Kautsar Semarang
tahun 2019.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan
menggunakan desain One Shot Case Study. Populasi penelitian adalah semua
siswa kelas VII SMP Islam Al-Kautsar Semarang. Teknik pengambilan sampling
menggunakan teknik random sampling, yang dijadikan sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII C SMP Islam Al-Kautsar Semarang yang berjumlah 25
siswa dan 4 siswa tidak masuk dikarenakan keluar. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik test.
Berdasarkan analisis hasil penelitian menjelaskan bahwa dari 21 siswa ada
2 siswa atau 9% yang tidak tuntas dan 19 siswa atau 91% yang tuntas. Nilai rata-
rata kelas hasil dari test adalah 78. Hasil nilai tersebut lebih tinggi dengan nilai
KKM sekolah yaitu 70. Hasil nilai tersbut dapat dibuktikan bahwa kemampuan
menulis paragraf aksara Jawa siswa kelas VII C SMP Islam Al-Kautsar Semarang
memperoleh hasil nilai yang signifikan dalam pembelajaran menulis paragraf
aksara Jawa. Kemampuan siswa dalam menulis paragraf aksara Jawa termasuk
dalam kategori baik. Data dihasilkan dari nilai test menulis paragraf aksara Jawa
menggunakan dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Siswa
dapat mengetahui dan memahami cara menulis paragraf aksara Jawa dengan benar
dan tepat sesuai dari masing-masing aksara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:09 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8337 |