AZMI, RIFKA ANNISA (2020) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIFKA ANNISA AZMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Rifka Annisa Azmi. “Penerapan Model Student Facilitator and Explaining dalam
Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP
Negeri 6 Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arisul Ulumuddin,
S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Muhajir, S.Pd., M.Hum. 2019.
Kata kunci: Penerapan, model Student Facilitator and Explaining, menulis
teks eksplanasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis peserta didik
yang masih rendah dan masih di bawah nilai rata-rata pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Brebes. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari nilai sebelumnya,
diperlukan model pembelajaran tertentu, yaitu model Student Facilitator and
Explaining.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model
Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Brebes tahun pelajaran 2018/2019?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model
Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Brebes tahun pelajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Metode deskriptif kualitatif dapat dianggap suatu kajian
yang ingin mendapatkan data-data yang akurat kemudian disusul oleh suatu
penafsiran. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6
Brebes yang berjumlah 2 kelas, dengan sampel peserta didik kelas VIII B SMP
Negeri 6 Brebes, penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple
random sampling. Teknik pengumpulan data secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada dalam populasi itu.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII B SMP Negeri 6 Brebes
tahun pelajaran 2018/2019 maka disimpulkan bahwa model Student Facilitator
and Explaining dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Hal
ini dapat dilihat dari hasil kemampuan peserta didik ketika belajar di dalam ruang
kelas. Berdasarkan tabel dan diagram hasil tes dan pengamatan dari model Student
Facilitator and explaining serta hasil non tes berupa angket. Hal ini dapat dilihat
dari kemampuan peserta didik dalam mengikuti tes menulis teks eksplanasi dan
respon peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Dalam menerangkan
model Student Facilitator and Explaining pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 6 Brebes, pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mertanya dan mengerjakan lembar kerja. Penerapan model Student Facilitator
and Explaining dibuktikan dengan nilai rata-rata peserta didik 77 dengan KKM
yang telah ditentukan yaitu 70.
Saran yang ingin penulis sampaikan adalah pendidik hendaknya
memberikan dan menggunakan model yang baru untuk menyesuaikan materi ajar,
agar peserta didik lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran di
ruang kelas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:07 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8336 |