PROFIL PENALARAN ADAPTIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

AZIZ, (DIMAS ABDUL (2020) PROFIL PENALARAN ADAPTIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIMAS ABDUL AZIZ.pdf] Text
DIMAS ABDUL AZIZ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penalaran merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam matematika.
Salah satu jenis penalaran yaitu penalaran adaptif. Penalaran adaptif adalah proses
berpikir logis yang menghubungkan kosep dengan situasi yang tidak hanya
menarik kesimpulan, tetapi juga diberi alasan-alasan yang menunjang suatu
kebenaran dari pendapat yang diberikan. Kemampuan tersebut dapat diketahui
dengan memberikan suatu masalah kepada siswa. Salah satu jenis masalahnya
yaitu masalah open-ended. Pada dasarnya kemampuan penalaran matematika anak
itu berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satunya dilihat
dari jenis kelaminnya. Dari hal tersebut, maka peneti tertarik mengetahui
gambaran kemampuan penalaran adaptif dari siswa laki-laki dan siswa
perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Bringin yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data diambil menggunakan tes
tertulis dan wawancara yang dibuat berdasarkan 5 indikator kemampuan
penalaran adaptif yang dikemukakan oleh Widjayanti, yaitu menyusun dugaan,
memberikan alasan terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan
dari suatu pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menemukan pola
pada suatu gejala matematis. Gambaran kemampuan penalaran adaptif yang
dimiliki siswa mengacu pada kelima indikator tersebut. Hasil yang dicapai dari
penelitian ini adalah siswa laki-laki ada yang memenuhi semua indikator dan ada
juga yang hanya memenuhi indikator menemjkan pola pada suatu gejala
matematis. Sedangkan siswa perempuan hanya memenuhi satu indikator
penalaran adaptif, yaitu menemukan pola pada suatu gejala matematis. Dari hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran adptif siswa laki-laki
lebihbaik dari siswa perempuan.
Kata Kunci: Profil;Penalaran Adaptif;Masalah Open-Ended;Jenis Kelamin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:51
Last Modified: 21 Nov 2024 01:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item
View Item