HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK N 1 KENDAL

Mukti, Bayu Kresna (2023) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK N 1 KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BAYU KRESNA MUKTI 18110005.pdf] Text
BAYU KRESNA MUKTI 18110005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bayu Kresna Mukti. NPM 18110005.” Hubungan Antara Kecerdasan
Emosional Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas xi SMK N 1 kendal”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang 2023. Pembimbing I : Siti Fitriana, S. Pd., M. Pd., Kons.
Pembimbing II : Dr. G. Rohastono Ajie, M. Pd.
Setiap individu memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, perencanaan
karir adalah langkah-langkah yang dilakukan seseorang dalam mencapai tujuan
karirnya. Perencanaan karir yang tepat berdasarkan pemikiran yang objektif, kritis
dan rasional akan sangat membantu siswa menentukan keputusan karirnya.
Sedangkan Kecerdasan emosional dua kali lebih penting dengan kecerdasan
intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas peneliti merumuskan masalah apakah
ada hubungan kecerdasan emosional dengan perencanaan karir siswa kelas xi
SMK N 1 Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan kecerdasan emosional dengan perencanaan karir siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk expost fakto.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi SMK N 1 Kendal tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 82 orang dengan menggunakan
teknik sampling berbentuk simpel random sampling, data dalam penelitian ini
diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis
korelasi spearman demgan taraf siknifikansi 0,005. Hasil dari penelitian ini
menunjukan signifikansi 0,000 < 0,005 dan nilai koefisien korelasi antara dua
variabel sebesar 0,444 artinya hipotesis yang menyatakan terdapat hubugan antara
kecerdasan emosional dengan perencanaan karir siswa dapat di terima.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan agar
Penggunaan sampel dalam penelitian selanjutnya disarankan tidak hanya
difokuskan pada satu angkatan saja, namun diharapkan menggunakan sampel
yang lebih luas lagi.
Kata kunci: kecerdasan Emosional, Perencanaan Karir, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:56
Last Modified: 16 Jan 2024 01:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item
View Item