Rinanto, Rien Ardi (2020) PENERAPAN METODE SHALLOW WATER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ADIWERNA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Rien Ardi Rinanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Rien Ardi Rinanto. “Penenerapan metode shallow water untuk
meningkatkan hasil belajar renang gaya dada siswa Kelas VII SMP 1 Adiwerna”.
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas
PGRI Semarang, 2020.
Kurangnya hasil belajar siswa dalam melakukan renang gaya dada dengan
nilai yang tidak memenuhi KKM yang ditetapkan, disebabkan kurangnya siswa
memahami materi renang gaya dada dengan metode yang digunakan oleh guru
sehingga hasil yang didapat siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil
penerapan metode shallow water pada renang gaya dada.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Pretest-
Posttet Pre Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII G dengan jumlah 32 siswa yang. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas dan uji-t yang diolah dengan bantuan software SPSS 17.
Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar renang gaya dada melalui
penerapan metode Shallow Water di kelas VII G, Setelah dilakukan uji hipotesis
Paired Sample-Test, diperoleh hasil T hitung sebesar -10,715 dengan T tabel
(α=0,05, df=31) sebesar 2,03951 dan Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena
nilai |Thitung|=|-10,715| > Ttabel (2,03951) dan nilai Sig.(0,000) < α (0,05). Maka
H0 ditolak yang berarti ada perbedaan hasil pretest dan posttest pemberian metode
pembelajaran Shallow Water dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya dada.
Rata-Rata pretest hasil belajar renang gaya dada sebesar 73,375 (48,39%)
sedangkan rata-rata posttest hasil belajar renang gaya dada sebesar 78,375
(51,61%). Sehingga terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar renang gaya dada
dari pretest ke posttest sebesar 3,22%. Oleh karena itu, pemberian metode
pembelajaran Shallow Water berpengaruh signifikan.
Simpulan dari penelitian ini adalah metode shallow water dapat diterapkan
untuk meningkatkan hasil belajar penjasorkes materi renang gaya dada pada siswa
kelas VII SMP N 1 Adiwerna, Saran semoga ke depanya agar lebih baik dalam
pemberian metode pembelajaran yang tepat guna terciptanya hasil pembelajaran
yang baik
Kata kunci: Metode shallow water, hasil belajar, renang gaya dada
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:49 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8329 |