WIJAYA, RIDZAL PERMANA (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA KARTU KATA SISWA KELAS I SDN PEDURUNGAN TENGAH 02 KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIDZAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
RIDZAL PERMANA WIJAYA. NPM 18126021. “Upaya Meningkatkan
Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum
Learning Dengan Media Kartu Kata Siswa Kelas I SDN Pedurungan Tengah 02
Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”. Sripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang,
UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar Bahasa Indonesia dan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut disebabkan
kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan
motivasi siswa.
Permasalahan dalam peneltian ini adalah 1) Apakah model Quantum
Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca
permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN Pedururungan
Tengah 02 Semarang?, 2) Apakah model Quantum Learning dengan media kartu
kata dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
materi membaca permulaan siswa kelas I SDN Pedururungan Tengah 02
Semarang?, 3) Apakah model Quantum Learning dengan media kartu kata dapat
meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi
membaca permulaan siswa kelas I SDN Pedururungan Tengah 02 Semarang?,
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan model pembelajaran Quantum Learning dengan media kartu kata
materi membaca permulaan kelas I SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang dilihat
pada ketuntasan belajar, aktivitas dan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kelas yang digunakan
untuk penelitian ini adalah kelas I dengan jumlah siswa 29. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui soal pretest, soal post test, pengamatan dan dokumentasi.
Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas sebelum diterapkan model
pembelajaran quantum learning dengan media kartu kata rata-rata siswa hanya
memperoleh nilai 67 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 41,37%.
Setelah diberikan tindakan I mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 74
dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72,41% pada Siklus I. begitu pula
pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 92 dengan
persentase ketuntasan belajar sebesar 96,55%.
Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembajaran quantum learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan
aktifitas dan hasil belajar keterampilan membaca kelas I SD Negeri Pedurungan
Tengah 02 Semarang. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8327 |