PRABOWO, DIDI (2020) PENGARUH MODEL PROJEK BASED LEARNING PADA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI MELALUI BIOPORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD SAWAH BESAR 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIDI PRABOWO 16120413.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
DIDI PRABOWO. NPM 16120413. “Pengaruh Model Projek Based Learning
Pada Materi Siklus Air Dan Dampaknya Pada Peristiwa Di Bumi Melalui Biopori
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Sawah Besar 01”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar pada tema 8 subtema 2 kelas V, khususnya pada pembelajaran IPA. Hal
tersebut disebabkan kurangnya model pembelajaran yang dapat membantu
mengoptimalkan pengetahuan siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan model
pembelajaran berbasis proyek melalui biopori di SD Sawah Besar 01? 2)
Bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan berbantu biopori
terhadap hasil belajar materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi ?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Projek Based Learning pada materi siklus air dan
dampaknya pada kehidupan di bumi kelas V SD Sawah Besar 01 Semarang dilihat
dari ketuntasan dan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam dengan model Pre-
experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Dalam
penelitian ini populasinya adalah semua siswa SD Negeri Sawah Besar 01 kota
Semarang. Sampelnya adalah semua siswa kelas V SD Negeri Sawah Besar 01
kota Semarang yang berjumlah 40 siswa yaitu 23 siswa laki-laki dan 17 siswa
perempuan dengan menggunakan teknik simple random sampling, pengambilan
data anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada dalam populasi itu.
Hasil analisis soal pretest dan posttest, uji normalitas awal dengan rumus
Liliefors diperoleh hasil perhitugan skor sebelum diberikan perlakuan dengan
jumlah n sebanyak 40 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh dari Lo sebesar
0.105891143 dan Ltabel sebesar 0.1400889 jadi Lo <Ltabel jadi Ho diterima
artinya data berdistribusi normal. Hasil uji normalitas akhir diperoleh Lo sebesar
0.133316785 dan Ltabel sebesar 0.1400889 jadi Lo <Ltabel jadi Ho diterima
artinya data berdistribusi normal. Uji t dengan jumlah db =40-1=39 dan taraf
signifikan 0,05 maka diperoleh hasil ttabelsebesar 1.68385, hasil perhitungan uji t
diperolehlah thitung sebesar 9.197957347 karena thitung> ttabel artinya hipotesis
ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Projek Based
Learning Pada Materi Siklus Air Dan Dampaknya Pada Peristiwa Di Bumi
Melalui Biopori terhadap hasil belajarpada siswa kelas V SD N Sawah Besar 01
Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Projek Based Learning dapat digunakan sebagai salah
satu alternative guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:43 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8325 |