TASYA, RIA AGNES (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Ria Agnes Tasya.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Representasi merupakan bentuk komunikasi gagasan atau ide terhadap suatu
masalah yang digunakan siswa dalam menemukan solusi dari suatu masalah. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan
masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar grafik atau gambar, (2) untuk
mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika
kontekstual ditinjau dari gaya belajar auditori, (3) untuk mendiskripsikan representasi
matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya
belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes representasi matematis, dan wawancara.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIIB MTs Nurul Amin Plosorejo. Subjek
penelitian yaitu 6 siswa terdiri dari 2 siswa gaya belajar grafik atau gambar, 2 siswa gaya
belajar auditori, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
(1) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar grafik atau
gambar mampu menggunakan representasi grafik atau gambar serta menggunakan
persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika dan subjek mampu dalam
menggunakan kata-kata atau bahasa dalam menyelesaikan masalah kontekstual, (2)
kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar auditorial mampu
menyelesaikan masalah kontestual, menggunakan representasi grafik atau gambar serta
menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika dan subjek kurang
mampu dengan kata-kata atau bahasa.(3) kemampuan representasi matematis subjek yang
memiliki gaya belajar kinestetik mampu menggunakan representasi grafik atau gambar, serta
mampu menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika, tetapi subjek
kurang mampu menuliskan permasalahan tersebut dengan kata-kata atau bahasa dalam
menyelesaikan masalah kontekstual.
Kata Kunci: Representasi Matematis, Pemecahan Masalah, Matematika Kontekstual, Gaya
Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8322 |