PENGEMBANGAN MEDIA POHON KATA DENGAN MATERI KOSAKATA BAHASA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

DEWI, GALUH AYU IKHSANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POHON KATA DENGAN MATERI KOSAKATA BAHASA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GALUH AYU IKHSANA DEWI 19120096.pdf] Text
GALUH AYU IKHSANA DEWI 19120096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

GALUH AYU IKHSANA DEWI. NPM 19120096. “Pengembangan Media
Pohon Kata dengan Materi Kosakata Bahasa Siswa Kelas V Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tidak adanya
penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas, siswa
kurang memahami materi menemukan kosakata baku, tidak baku, dan kata
serapan dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan Media Pohon Kata
dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) Bagaimana
kelayakan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V
sekolah sasar.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk
mengatahui pengembangan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa
untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) untuk mengatahui kelayakan Media Pohon
Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur
penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan
langkah-langkah dasar penelitian (Research and Development) yang dikemukakan
oleh (Borg and Gall dalam buku Sugiyono 2015:297) yang terdiri dari 10 langkah.
Berdasarkan keputusan Strata (S1) yang melakukan penelitian dan
pengembangan hanya sebatas pada uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji
coba berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan awal. Jadi hanya pada sampai
tahapan kelima yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain
produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi produk. Sampel yang diambil adalah
17 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi.
Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media Pohon Kata mendapatkan
kategori sangat layak dengan skor penilaian sebesar 95%. Sedangkan hasil
validasi yang dilakukan dengan ahli materi media Pohon Kata mendapatkan
kategori sangat layak dengan skor penilaian sebesar 98,82%. Pada uji lapangan,
penilaian dari siswa kelas V SD Negeri 3 Wulung mendapatkan skor sebesar
94,8%. Penelitian pengembangan media Pohon Kata ini mendapatkan kategori
sangat layak dengan skor dari respon guru sebesar 98,66%. Kesimpulannya
bahwa media Pohon Kata ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi
kosakata baku, tidak baku, dan kata serapan.
Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang dapat disampaikan
adalah Media Pohon Kata dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru
dalam mengajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pohon Kata, Kosakata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:55
Last Modified: 16 Jan 2024 01:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item
View Item