UTARI, DIAN RIZKY (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIAN RIZKY UTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Dian Rizky Utari. NPM 15120270. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam
Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tambakrejo 03
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2019. Dosen Pembimbing I M. Yusuf
Setia W., M.Pd., dan Dosen Pembimbing II Aries Tika D., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan belajar
matematika yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan yang
sering dialami oleh siswa yaitu kesulitan saat mengerjakan soal cerita karena kurang
mampu memahami maksud soal dan kebingungan saat menentukan operasi hitung
yang akan dipakai. Biasanya siswa membutuhkan waktu yang sangat lama dalam
menyelesaikan soal cerita.
Fokus penelitian ini adalah (1) Apakah kesulitan yang dialami siswa dalam
pembelajaran matematika menyelesaikan soal cerita kelas IV di SD Negeri
Tambakrejo 03 Semarang? (2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan
belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas IV di SD
Negeri Tambakrejo 03 Semarang? (3) Bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan
untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran matematika menyelesaikan soal
cerita kelas IV di SD Negeri Tambakrejo 03 Semarang?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara (2) observasi, dan (3) teknik
tes (4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri
Tambakrejo 03 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa dari
15 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita.
Kesulitan belajar matematika menyelesaikan soal cerita yang terjadi di kelas IV SD
Negeri Tambakrejo 03 meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam
keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:35 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8319 |