PENGARUH BUKU POPULER LUMUT DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS SETS PADA MATERI BRYOPHYTA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA

Murniati, Dian (2020) PENGARUH BUKU POPULER LUMUT DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS SETS PADA MATERI BRYOPHYTA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dian Murniati.pdf] Text
Dian Murniati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan metode dan media
pembelajaran yang variatif sehingga aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa
masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buku populer
lumut dalam pembelajaran berbasis SETS pada materi bryophyta terhadap aktivitas
belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan
pada bulan Agustus tahun 2019 dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X
SMA Fathul Ma’arif Geyer. Sampel yang digunakan yaitu kelas XA sebagai kelas
eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan true
eksperimental design dengan metode posstest only control design. Teknik sampling
yang digunakan adalah teknik sampling jenuh hal ini dikarenakan di SMA Fathul
Ma’arif Geyer hanya memiliki 2 kelas di kelas X. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan signifikan antara aktivitas belajar siswa kelas eksperimen
dan aktivitas belajar siswa kelas kontrol, dengan nilai thitung 10,742 dan ttabel 2,022.
Angka tersebut menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingkan
dengan dan ttabel 2,022. Hasil yang sama ditunjukkan juga pada hasil belajar kognitif
siswa kelas eksperimen dengan ketuntasan klasikal 100% dan hasil belajar kognitif
kelas kontrol dengan ketuntasan klasikal 45%. Dengan demikian buku pengetahuan
popular lumut berbasis SETS pada materi Bryophyta berpengaruh terhadap aktivitas
belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMA.
Kata kunci : SETS, Aktivitas belajar dan Hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:32
Last Modified: 21 Nov 2024 01:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8317

Actions (login required)

View Item
View Item