HARDIYANTI, DIAN (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI JUAL BELI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIAN HARDIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
DIAN HARDIYANTI, NPM 15410129. ―Penerapan Metode Demonstrasi dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X
SMAN 2 Demak tahun pelajarran 2018/2019‖. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Suyoto, M.Pd
dan pembimbing II Drs. Murywantobroto, M.Hum. Oktober 2019.
Kata kunci : Penerapan Metode Demonstrasi, menulis teks negosiasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi nilai keterampilan menulis pada peserta
didik kelas X SMAN 2 Demak yang masih rendah, khususnya menulis teks
negosiasi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan metode tertentu
untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan
meningkatkan kemampuan menulis kelas X SMAN 2 Demak. Metode
pembelajaran yang diterapkan adalah Demonstrasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada peserta
didik kelas X SMAN 2 Demak tahun pelajarran 2018/2019? Adapun tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam
pembelajaran menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 2 Demak
tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang berupa
deksripsi narasi bukan angka-angka. Metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif yaitu data yang bersifat deksripif sehingga data yang
terkumpul berbentuk teks negosiasi dengan kesesuaian struktur teks negosiasi,
kesesuaian kaidah kebahasaan teks negosiasi, isi gagasan yang dikemukakan dan
tata tulisan. Teknik nontes berupa data hasil observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang berjudul penerapan metode demonstrasi dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA
Negeri 2 Demak mampu membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran,
Berdasarkan tes pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan
metode demonstrasi dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi.
Hal ini dibuktikan dengan metode demonstrasi siswa mampu menulis teks
negosiasi dan nilai rata-rata pembelajaran yang diproleh yaitu 83,85 dan KKM
yang diterapkan di sekolah 70.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah diharapkan hasil penelitian ini
dapat memberikan guru refrensi dan motivasi untuk memilih metode
pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pengajaran bahasa dan sastra
Indonesia agar siswa tidak merasa bosan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:29 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8315 |