CAHYANINGTYAS, RETNA FITRI (2020) ANALISIS PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANG KIDUL SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RETNA FITRI CAHYANINGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
RETNA FITRI CAHYANINGTYAS 15120150. “Analisis Perbedaan Pola Asuh
Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas IV SD Negeri Karang Kidul
Semarang”.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2019.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar sangat penting
dan dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang diterapkan oleh siswa kelas IV SD
Negeri Karang Kidul Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelas IV SD
Negeri Karang Kidul Semarang?”.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
dengan
pendekatan persetase. Subyek penelitian adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, dan
orang tua siswa kelas IV SD Negeri Karang Kidul Semarang. Teknik
pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, kuesioner dan
dokumentasi. Pengecekan data dengan cara trianggulasi, peningkatan ketekunan,
dan perpanjangan pengamatan. Analisis data menggunakan analisis model
interaktif dari Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian dari 10 sampel dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
ada 2 jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu authoritative parenting
dan authoritarian parenting. Sebanyak 70% orang tua dari 10 sampel penelitian
menerapkan pola asuh authoritative parenting, 30% orang tua menerapkan pola
asuh authoritarian parenting. Hasil prestasi belajar siswa dari 10 sampel
penelitian 70% menunjukkan prestasi sangat baik, 30% menunjukkan prestasi
baik. Bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara pola asuh oran
tua dengan prestasi belajar siswa, karena orang tua yang memberikan pola asuh
yang baik kepada anak maka akan mempengaruhi prestasi yang baik bagi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu bagi
guru sangat diharapkan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa
agar kemajuan belajar dan kendala yang dialami siswa dalam belajar dapat diatasi
dengan baik. Bagi orang tua diharapkan memberikan pola asuh yang tepat kepada
anak karena pola asuh orang tua yang tepat berpengaruh terhadap prestasi yang
akan dicapai siswa. Bagi siswa diharapkan memiliki semangat belajar yang tinggi,
sehingga dapat mencapai prestasi yang sangat baik disekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8314 |