PRABOWO, RESTU ARI (2020) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM CERITA ANAK SI KANCIL KARYA MB. RAHIMSYAH AR SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN TEKS FABEL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RESTU ARI PRABOWO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari peneliitian ini memperoleh gambaran nilai-nilai karakter yang
terdapat dalam “Kumpulan Dongeng Si Kancil Cerdik Menggelitik”, serta
mendeskripsikan pemanfaatan nilai-nilai karakter “Kumpulan Dongeng Si Kancil
Cerdik Menggelitik” sebagai muatan pembelajaran teks fabel untuk peserta didik
kelas VII SMP, yang di latar belakangi oleh Pendidikan
karakter
di SMP
(Sekolah Menengah Pertama) merupakan pendidikan yang paling mendasar dalam
membangun karakter dan kepribadian seseorang, karena peserta didik sekolah
menengah pertama terutama kelas VII adalah tahap awal dalam perkembangan
pembentukan karakter, sehingga materi yang paling tepat untuk pendidikan
karakter bagi peserta didik kelas VII adalah teks fabel.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi pustaka yang
dilakukan terhadap dokumen berupa arsip yang berkaitan dengan nilai-nilai
karakter dari teks fabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan deskripsi data tersebut,
nilai-nilai karakter berlandaskan budaya bangsa yang ada dalam buku Kumpulan
Dongeng Si Kancil Cerdik Menggelitik karya MB. Rahimsyah AR, ditemukan
sebanyak 27 data yang memiliki nilai-nilai karakter berlandaskan budaya bangsa,
sehingga buku Kumpulan Dongeng Si Kancil Cerdik Menggelitik karya MB.
Rahimsyah AR dapat digunakan untuk muatan pembelajaran fabel pada peserta
didik kelas VII SMP, khususnya untuk menerapkan pembentukan karakter peserta
didik.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah dari hasil pengumpulan data dalam
buku Kumpulan Dongeng Si Kancil Cerdik Menggelitik karya MB. Rahimsyah
AR dapat disimpulkan bahwa, peserta didik setelah membaca buku tersebut dapat
mengambil nilai karakter berlandaskan budaya bangsa dan menerapkannya dalam
ke dalam diri peserta didik dan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Saran
yang dapat di jadikan masukan yaitu, Bagi Pendidik : Pendidik bisa mengetahui
karakter dari setiap peserta didiknya, dan menggunakan media yang tepat untuk
mendidik mereka dan pendidik bisa memilih buku bacaan yang tepat untuk
peserta didiknya, tentunya buku yang menarik dan inovatif. Bagi Peserta Didik :
Peserta didik harus lebih gemar membaca, terutama teks fabel yang banyak
mengandung nilai karakter di dalamnya.
Kata Kunci : fabel, nilai karakter, kumpulan dongeng, pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:25 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8312 |