CHOVILLA, CHARYZHA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
CHARYZHA CHOVILLA 16120343.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum mampu menggunakan kemampuan
berpkir kritis dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar persegi, persegi panjang, dan
segitiga. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk menganalisis bagaimana kemampuan berpikir
kritis siswa mengenai materi bangun datar dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dikatakan penelitian kualitatif
karena peneliti akan melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang
sifatnya alami. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Mengenai
pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara tes tertulis dan wawancara yang dilakukan
di
SD Islam Pesanggrahan Semarang. Peneliti berusaha memahami dan mengungkap
kemampuan berpikir kritis dan memaparkan hasil penelitian secara apa adanya tanpa adanya
manipulasi terhadap objek penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan
berpikir kritis yang dialami oleh siswa kelas IV sekolah dasar pada materi bangun datar pada
soal cerita.
Berdasarkan analisis hasil tes dan wawancara yang dilakukan pada siswa, maka dapat
diketahui indikator berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar seperti 1)
Berpikir kritis secara Interpretasi (Menulis apa yang diketahui dan ditanyakan), 2) Berpikir kritis
secara Analisis (Mengidentifikasi hubungan-hubungan antara pernyataan, pertanyaan, dan
konsep), 3) Evaluasi (Menggunakan strategi dan melakukan suatu perhitungan atau penjelasan,
4) Inferensi (penarikan kesimpulan).Berikut ini pembahasan yang diperoleh menurut indikator
tersebut : 1) Kemampuan siswa berpikir kritis pada indikator interpretasi pada kategori rendah,
sedang dan tinggi sudah mampu memenuhi indikator tersebut yaitu menuliskan apa yang
diketahui dan apa yang ditanyakan. 2) Kemampuan siswa berpikir kritis pada indikator analisis
pada kategori rendah ada yang belum memenuhi indikator tersebut yaitu tidak menuliskan cara
mendapatkan suatu pernyataan yang tepat akan tetapi kategori sedang dan tinggi sudah
memenuhi indikator tersebut. 3) Kemampuan siswa berpikir kritis pada indikator evaluasi pada
kategori rendah sudah menggunakan strategi dengan benar meskipun belum lengkap dan untuk
kategori sedang dan tinggu sudah memenuhi indikator tersebut dengan menggunakan stategi
yang benar dan lengkap. 4) Kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator inferensi kategori
rendah belum mampu membuat kesimpulan akan tetapi pada kategori sedang dan tinggi sudah
dapat membuat kesimpulan. Dan ini hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan
menggunakan indikator tersebut yaitu siswa yang memperoleh skor Skor ≤ 45 atau berkategori
rendah sebanyak 2 siswa atau sebesar 13%, siswa yang memperoleh skor 45 ≥ skor < 81atau
berkategori sedang sebanyak 11 siswa atau sebesar 74%, dan siswa yang memperoleh Skor ≥ 81
atau berkategori tinggi berjumlah 2 siswa atau sebesar 13%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada guru sebaiknya lebih
memperhatikan lagi mengenai kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswanya dalam
menyelesaikan soal cerita bangun datar. Dan saran bagi siswa lebih sering latihan lagi dalam
menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita dengan menggunsksn indikator berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:54 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/831 |