NDRIANA, RESCY ARSIKA (2020) ANALISIS PENGETAHUAN KEUANGAN, RELIGIUSITAS, SIKAP KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RESCY ARSIKA NDRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengetahuan keuangan,
religiusitas, sikap keuangan, dan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan
mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen di
Universitas PGRI Semarang dengan total responden sebanyak 254 orang. Proses
pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan data secara online melalui
penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui media kuesioner. Metode yang digunakan pada
penelitian ini analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini meunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan keuangan
terhadap pengelolaan keuangan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
religiusitas terhadap pengelolaan keuangan, terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara sikap keuangan terhadap pengelolaan keuangan, dan terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap pengelolaan
keuangan. Pengetahuan keuangan, religiusitas, sikap keuangan, dan literasi
keuangan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat nilai R Square sebesar
0.696 atau 69.6%. Sedangkan sisanya sebesar 0.306 atau 30.6% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pengetahuan Keuangan, Religiusitas, Sikap Keuangan, Literasi
Keuangan, Pengelolaan Keuangan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:22 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8309 |