UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR SESUAI GAGASAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK PERTIWI 09 GENUKSARI TAHUN AJARAN 2019/2020

PALUPI, DIAH TRI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR SESUAI GAGASAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK PERTIWI 09 GENUKSARI TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIAH TRI PALUPI.pdf] Text
DIAH TRI PALUPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DIAH TRI PALUPI, NPM 18156050. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Menggambar sesuai dengan Gagasan Anak melalui Metode Bercerita pada
Kelompok B TK Pertiwi 09 Genuksari Semarang Tahun Ajaran 2019/2020”
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Muniroh Munawar, S.Pi., M, Pd dan Dwi Prasetiyawati.D.H, S.Pd, M.Pd,
Desember 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kreativitas anak
dalam menggambar bebas sesuai dengan gagasan untuk kelompok B TK Pertiwi
09 masih belum berkembang secara optimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatkan
kemampuan menggambar sesuai gagasan anak melalui metode bercerita pada
kelompok B TK Pertiwi 09 Genuksari Semarang dengan tema Diri Sendiri?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk
meningkatkan kemampuan menggambar sesuai dengan gagasan anak, 2) Untuk
meningkatkan kemampuan menggambar sesuai dengan gagasan anak melalui
metode bercerita pada kelompok B TK Pertiwi 09 Genuksari Semarang dengan
tema Diri Sendiri.
Setting penelitian ini adalah tempat penelitian di TK Pertiwi 09 Genuksari
Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah anak kelompok B
yang berjumlah 15 anak TK Pertiwi 09 Genuksari Semarang. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada
tindakan siklus I dan siklus II kemampuan menggambar anak sudah mengalami
perubahan yang positif. Hal ini dapat dilihat dari observasi yang menunjukkan
perubahan yang signifikan dari perolehan nilai belajar anak pada prasiklus dengan
indikator membuat garis (vertical, horisontal, lengkung, bergelombang, zig zag,
dan garis acak), membuat betuk geometri (lingkaran, persegi, dan segitiga), serta
menggabar bentuk benda (bagian benda, bentuk benda sederhana,dan benda sesuai
dengan gagasan) dengan nilai baik 13,3% atau 2 anak, pada siklus I dengan
indikator yang sama dengan nilai baik 33,3% atau 5 anak, dan pada siklus II
dengan indikator yang sama dengan nilai baik 80% atau 12 anak. Dengan metode
bercerita untuk meningkatakan kemampuan menggambar dapat dilihat perubahan
dari hasil penelitian pada silus II mencapai nilai 80% dari nilai awal 13,3% .
Dengan peningkatan yang optimal, maka hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:20
Last Modified: 21 Nov 2024 01:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item
View Item