PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG

NOVITASARI, RENNY (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RENNY NOVITASARI.pdf] Text
RENNY NOVITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Renny Novitasari. NPM 15110092 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Psikodrama terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII
SMP N 1 Bejen Kabupaten Temanggung”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr. M. Th. S.R. Retnaningdyastuti, M.Pd pembimbing II Chr. Argo Widiharto,
S.Psi. M.si. November 2019.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah kondisi konsep
diri siswa kelas VIII SMP N 1 Bejen Kabupaten Temanggung yang rendah
dibuktikan melalui banyaknya siswa yang belum memahami kelebihan dan
kekurangan yang dimiliki, belum mengenal jati diri yang sebenarnya, merasa
rendah diri, belum tahu potensi yang dimiliki, belum memiliki cita-cita yang pasti,
malu berinteraksi dengan guru dan karyawan di lingkungan sekolah. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode
penelitian True Exsperimental Design dengan model Pre-test Post-test Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1
Bejen Kabupaten Temanggung dengan jumlah siswa 131 siswa. Kelas VIII B dan
VIII D adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 50 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII E, 10 siswa untuk kelompok ekperimen dan
10 siswa untuk kelompok kontrol yang diambil menggunakan teknik sampling
cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala
konsep diri.
Berdasarkan hasil uji yang di telah dilakukan dengan menggunakan SPSS
15.0 for windows dalam penelitian ini diketahui bahwa sig. (2-tailed) sebesar
0,005 dengan signifikan 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa sig. (2-tailed)
(0,005) < signifikansi (0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa kelas VIII SMP
N 1 Bejen” diterima kebenarannya. Dengan demikian menunjukkan bahwa
layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dapat meningkatkan
konsep diri siswa.
Saran bagi guru pembimbing hendaknya dapat meningkatkan dan
memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang ada dalam
bimbingan dan
konseling untuk
membantu siswa menuntaskan tugas
perkembangannya secara optimal. bagi siswa dapat meningkatkan konsep diri.
Kata kunci : Konsep Diri, bimbingan kelompok, teknik psikodrama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:17
Last Modified: 21 Nov 2024 01:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item
View Item