KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MODEL COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU SUBTEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SD N BUGANGAN 02 SEMARANG

ASRI, RENI (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MODEL COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU SUBTEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SD N BUGANGAN 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Reni Astri.pdf] Text
Reni Astri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

RENI ASRI. NPM 16120333. “Keefektifan Pembelajaran Daring Berbasis Model
Complete Sentence Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Bermain Di
Lingkunganku Subtema 1 Bermain Di Lingkungan Rumah Keterampilan Menulis
Kelas II SD N Bugangan 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar pada tema bermain di lingkunganku subtema 1 bermain di lingkungan
rumah. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa dalam menulis rendah
karena metode yang tidak mendukung sehingga pembelajaran tidak efektif. Solusi
yang ditawarkan oleh peneliti adalah supaya model pembelajaran Complete
Sentence dijadikan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar secara
efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
pembelajaran complete sentence efektif terhadap hasil belajar siswa pada Tema 2
Bermain Di Lingkunganku Subtema 1 Bermain Di lingkungan Rumah
keterampilan menulis siswa kelas II SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
complete sentence terhadap hasil belajar siswa pada Tema 2 Bermain di
Lingkunganku Subtema 1 Bermain Di lingkungan Rumah keterampilan menulis
kelas II SD Negeri Bugangan 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Experimental Design dengan desain pre-experimental designs. Populasi penelitian
adalah kelas II SDN Bugangan 02 Semarang yang terdiri dari 28 siswa tahun
pelajaran 2020-2021. Sampel yang diambil adalah siswa kelas kelas II SDN
Bugangan 02 Semarang yang terdiri dari 28 siswa dengan menggunakan teknik
non probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara
dokumentasi, teknik observasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest tertinggi adalah 93 dan terendah
42 dengan nilai rata-rata pretest adalah 68,5 jumlah siswa tidak tuntas sebanyak
18 siswa. Nilai posttest tertinggi yaitu 100 dan nilai terendah 79, dengan rata-rata
91 dan seluruh siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) . Uji t
menunjukkan bahwa hasil perhitungan data nilai peserta didik dengan =
1,717804 dengan harga = 1,701113, maka > itu artinya bahwa
model pembelajaran Complete Sentence efektif terhadap hasil belajar tema 2
subtema 1 keterampilan menulis siswa kelas II SD Bugangan 02 Semarang..
Kesimpulannya, bahwa model pembelajaran Complete Sentence efektif terhadap
hasil belajar tema 2 subtema 1 keterampilan menulis siswa kelas II SD Bugangan
02 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Complete Sentences dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:14
Last Modified: 21 Nov 2024 01:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item
View Item