RIANANDA, DHIKA MILA (2019) IMPLEMENTASI METODE MODELLING THE WAY DENGAN PERMAINAN MATHCHESS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERKALIAN SISWA KELAS II SD TAMBAKREJO 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DHIKA MILA RIANANDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
DHIKA MILA RIANANDA. NPM 15120205. “Implementasi metode modelling
the way dengan permainan mathchess untuk meningkatkan keterampilan perkalian
siswa kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar
belakang
yang
mendorong
penelitian
ini
adalah
adanya
permasalahan di SD Tambakrejo 03 Semarang yaitu ditemukan beberapa siswa
kelas II yang memiliki keterampilan berhitung masih kurang dan beberapa siswa
yang masih malas untuk berhitung perkalian.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah metode modelling the
way dengan permainan mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian
siswa kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode modelling the way
dengan permainan mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian siswa
kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang .
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Experiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest . Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang. Sampel yang
diambil adalah 22 siswa kelas II dengan teknik Probability Sampling berbentuk
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji normalitas akhir atau
posttest (93,18) lebih besar dari hasil uji normalitas awal atau pretest (64,77) serta
berdasarkan hasil uji-t satu pihak diketahui thitung lebih dari ttabel (10,437 > 1,721).
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat
pengaruh positif pada implementasi metode modelling the way dengan permainan
mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian siswa kelas II SD
Tambakrejo 03 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya metode modelling the way dengan permainan mathchess dapat digunakan
sebagai alternatif guru dalam mengajar pembelajaran matematika di kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:08 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8299 |