PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD N 02 LANGON

CAESAR, RENALDY ZANUAR (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD N 02 LANGON. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Renaldy Zanuar Caesar.pdf] Text
Renaldy Zanuar Caesar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RENALDY ZANUAR CAESAR. NPM 15120410. “Penanaman Nilai-
nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD N 02
Langon”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Ibu Aries Tika
Damayani, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Bapak Rofian, S.Pd., M.Pd. Januari
2020.
Konteks Penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai karakter
merupakan nilai-nilai yang diperlukan dalam membentuk karakter yang baik pada
diri seseorang. Nilai-nilai karakter tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan
ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan diluar mata pelajaran.
Penelitian ini terfokus pada (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler pramuka di SD N 02 Langon? (2) Apa saja nilai-nilai karakter
yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD N 02 Langon?
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendiskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler
pramuka di SD N 02 Langon, (2) mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang
terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD N 02 Langon.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler pramuka,
guru kelas 4, dan 5, 4 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan 2 orang
tua siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 15.00-
17.00 WIB dan Sabtu pada pukul 13.00-15.00 WIB.. Siswa yang mengikuti
ekstrakurikuler berjumlah empat puluh siswa. Sistem pembelajaran dilakukan
sesuai dengan buku pedoman dan kurikulum 2013 dengan cara guru pelatih
terlebih dahulu menyampaikan materi tentang sandi semaphore. Guru pelatih
menyampaikan bagaimana cara memeragakan sandi semaphore dengan
menggunakan tongkat semaphore secara langsung, setelah itu siswa secara
bergiliran mempraktekkan didepan kelas. Sistem penilaian dilakukan dua kali
dalam satu semester. Nilai dapat dilihat pada saat penerimaan raport. Nilai-nilai
karakter yang diteliti diantaranya, sikap disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis,
bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan cinta tanah
air dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
menunjukkan bahwa sikap siswa sudah sesuai dengan nilai-nilai karakter.
Saran yang dapat disampaikan peneliti setelah penelitian pada sekolah
tersebut agar tetap menjalankan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler
pramuka di SD N 02 Langon dan lebih ditingkatkan. Serta meningkatkan proses
pembelajaran esktrakurikuler Pramuka di SD N 02 Langon.
Kata kunci : nilai karakter, kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:07
Last Modified: 21 Nov 2024 01:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item
View Item