EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 3

PRAMUDITA, DHIAR AGNES (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 3. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DHIAR AGNES PRAMUDITA.pdf] Text
DHIAR AGNES PRAMUDITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika
pada materi pola bilangan disebabkan pembelajaran di sekolah masih
menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan
metode penelitian posttest only control design di kelas VIII SMP N 3 Pamotan.
Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan
sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dikenai model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) berbantu prezi, kelas VIII B sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dikenai pembelajaran
konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, pretest untuk data
awal dan posttest untuk hasil data akhir. Hasil penelitian menunjukan pada taraf
signifikansi 5% dapat disimpulkan 1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan prezi dan model pembelajaran konvensional, 2) hasil
belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan prezi lebih efektif dari model pembelajaran
konvensional, 3) Kemampuan representasi matematika siswa yang menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan prezi mencapai
KKM, 4) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika
siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantuan prezi, 5) Terdapat pengaruh keaktifan siswa menggunakan
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa, 6) Terdapat
ketuntasan secara klasikal maupun individual yang menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu prezi dan pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan ditunjukkan
persamaan regresinya pada kelas dengan model Problem Based Learning (PBL).
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL) berbantuan prezi; hasil belajar
matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:03
Last Modified: 21 Nov 2024 01:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item
View Item