KEEFEKTIFAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUSILOWATI, DHANI (2019) KEEFEKTIFAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DHANI SUSILOWATI.pdf] Text
DHANI SUSILOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dhani Susilowati. NPM 15410227. Keefektifan Metode Mind Mapping
dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X MA
Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang,
Pembimbing I Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd. dan pembinbing II Dr. Ika
Septiana, S.Pd., M.Pd. 7 Oktober 2019.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Menulis Teks Biografi
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan peserta didik dalam
menulis, khususnya menulis teks biografi. Melihat kondisi seperti itu perlu
diupayakan penerapan metode tertentu untuk membantu peserta didik agar
antusias dan tidak jenuh ketika pembelajaran menulis teks biografi pada peserta
didik kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak tahun
pelajaran 2018/2019. Metode Pembelajaran yang diterapkan adalah Metode Mind
mapping.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah metode mind mapping
efektif terhadap pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X
MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak tahun pelajaran
2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode
mind mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas
X MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak tahun pelajaran
2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
cara penelitian eksperimen. Data penelitian ini berupa nilai keterampilan menulis
teks biografi peserta didik kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten
Demak tahun pelajaran 2018/2019 dari dua kelas yaitu, kelas X.1 dengan jumlah
26 peserta didik dan kelas X.2 dengan jumlah 26 peserta didik.
Berdasarkan analisis data, dapat dilihat dari pemerolehan analisis dari hasil
uji t, terlihat thitung adalah sebesar 2,94 yang ternyata lebih besar dari ttabel taraf
signifikan 5% pada dk = 50 yaitu sebesar 1,67. Dengan demikian hipotesis
alternatif (Ha) yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa metode mind
mapping sangat efektif dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta
didik kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak tahun
pelajaran 2018/2019 .
Penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan metode mind mapping
karena menjadikan peserta didik lebih paham sehingga nilainya mencapai KKM
yaitu 75. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen
yang menggunakan metode mind mapping lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol
dengan rata-rata bernilai 81,2 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 76,3.
Dengan demikian, penggunaan metode mind mapping memberikan
dorongan kepada peserta didik untuk menjadi lebih aktif, antusias serta
bersemangat dalam menemukan ide menulis dalam pembelajaran teks biografi.
Hal ini terlihat dari keterampilan peserta didik yang sudah mampu menulis teks
biografi dengan baik sesuai sistematika yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Nov 2024 00:58
Last Modified: 21 Nov 2024 00:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item
View Item