ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HOTS KELAS TINGGI DI SD N BUGANGAN 02 SEMARANG

LESTARI, DEWI SRI (2020) ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HOTS KELAS TINGGI DI SD N BUGANGAN 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dewi Sri Lestari.pdf] Text
Dewi Sri Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

DEWI SRI LESTARI.NPM 16120411.“Analisis Perangkat Pembelajaran
IPA Berbasis HOTS Kelas Tinggi di Sekolah Dasar”.Skripsi.Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya
perangkat pembelajaran IPA Berbasis HOTS di Sekolah Dasar.High Order
Thingking Skill (HOTS) di sekolah dasar dapat menambah kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis perangkat
pembelajaran IPA berbasis HOTS kelas tinggi di Sekolah Dasar.Tujuan dalam
penelitian ini adalah menganalisis perangkat pembelajaran IPA berbasis HOTS
kelas tinggi di Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif,
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Penelitian
dilaksanakan di SD N Bugangan 02 Semarang dengan Subjek guru kelas IV.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis perangkat pembelajaran
IPA berbasis HOTS kelas tinggi di Sekolah Dasar dalam kriteria cukup
baik.Perangkat pembelajaran yang dianalisis meliputi RPP dan LKPD.Pada
perangkat pembelajaran RPP yang sudah dibuat oleh guru menujukkan kriteria
cukup baik dengan cukup menerapkan high order thingking skill (HOTS) kedalam
RPP yang sudah dibuat.Pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sudah
dibuat oleh guru menunjukkan kriteria baik dengan menerapkan high order
thingking skill ke dalam lembar kerja peserta didik (LKPD).hal ini menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis HOTS yang sudah dibuat oleh guru
sudah tergolong cukup baik.
Dapat disimpulkan bahwa analisis perangkat pembelajaran IPA berbasis
HOTS kelas tinggi di SD N Bugangan 02 Semarang terealisasi dengan baik,
namun untuk perngkat pembelajaran RPP kurang terealisasi dengan baik dan
perangkat pembelajaran yang berupa LKPD sudah terealisasi dengan baik. Saran
yang dapat diberikan adalah dengan lebih menekankan kembali High order
thingking skill ke dalam perangkat pembelajaran RPP sehingga dapat menjadikan
pembelajaran yang lebih maksimal dalam menerapkan HOTS.
Kata Kunci: Perangkatan Pembelajaran, IPA, HOTS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:59
Last Modified: 20 Nov 2024 04:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8285

Actions (login required)

View Item
View Item