ARISANDI, KURNIAWAN TAUFIQ (2020) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI PASSING BAWAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KUCING-KUCINGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GABUS GROBOGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KURNIAWAN TAUFIQ ARISANDI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penerapan model kooperatif learning pada pemberajaran bola voli passing
bawah dengan menggunakan permainan kucing-kucingan pada siswa kelas VIII G
SMP NEGERI 2 Gabus Grobogan tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh penguasaan gerak dasar yang masih rendah, selain itu
penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Guru penjas mengajar
permainan bola voli dengan menggunakan metode drill atau latihan dalam
permainan bola voli. Pembelajaran permainan bola voli yang seperti itu membuat
siswa kurang tertarik sehingga menjadikan siswa menjadi kurang aktif selama
proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini memiliki permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah
penerapan model kooperatif Learning dengan permainan kucing-kucingan mampu
meningkatkan pembelajaran Passing bawah pada permainan voli pada siswa kelas
VIII SMP N 2 Gabus Grobongan Tahun Pembelajaran 2019/2020? Adapun tujuan
pada penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli
melalui metode pembelajaran kooperatif menggunakan Permainan Kucing-
Kucingan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gabus Grobogan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian
ini
merupakan
Mix
Method,
yaitu
penelitian
yang
mengambungkan metode penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif.Data
penelitian diperoleh secara langsung melalui observasi dan wawancara berstruktur
dengan menggunakan panduan wawancara.
Dari hasil penelitian menunjukan pada nilai pre-test rata-rata siswa
mendapat nilai 63.96.Nilai rata-rata ini meningkat sebesar 19.12 setelah siswa
diberikan perlakuan dengan pembelajaran koorperatif learningmetode kucing-
kucingan, sehingga menjadi nilai post-test siswa meningkat menjadi rata-rata
83.08. Angka ini menunjukan bawah pembelajaran koorperatif learning metode
kucing-kucingan mampu meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran
passing bawah.
Kata Kunci :Passing Bawah, kooperatif Learning, metode kucing-kucingan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:55 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8282 |