PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KEBENCANAAN DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MRANGGEN 1 KABUPATEN MAGELANG

NURSETA, RATRIADI ARI (2020) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KEBENCANAAN DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MRANGGEN 1 KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ratriadi Ari Nurseta.pdf] Text
Ratriadi Ari Nurseta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RATRIADI ARI NURSETA. NPM 16120165. “Penerapan Media
Pembelajaran Video Kebencanaan dengan Model Teams Games Tournament
(TGT) pada Peserta Didik Kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Ikha Listyarini, S.Pd.,
M.Hum. 2020.
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran
tentang kebencanaan atau mitigasi bencana yang ada di SDN Mranggen 1
Kabupaten Magelang. Sektor pendidikan merupakan salah satu strategi yang
efektif untuk mengurangi risiko terjadinya bencana alam dengan cara menyisipkan
materi kebencanaan dalam materi pelajaran, terutama di daerah yang sering
terdampak terjadinya bencana alam. Kondisi geografis SDN Mranggen 1 yang
berada di lereng gunung Merapi menjadikan SDN Mranggen 1 sering terdampak
akibat letusan gunung Merapi. Rendahnya nilai harian kelas V pada tema 5
tentang ekosistem juga menjadi latar belakang dalam penelitian ini.
Dalam penelitian ini permasalahan yang ada yaitu apakah media
pembelajaran video kebencanaan dengan model Teams Games Tournament (TGT)
dapat diterapkan pada tema 5 kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh
penerapan media pembelajaran video kebencanaan dengan model Teams Games
Tournament (TGT) pada tema 5 kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
rancangan penelitian yaitu Pre Experimental Design bentuk one group pretest-
posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V
SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang
diambil adalah 26 peserta didik kelas V yang menggunakan teknik Sampling
Jenuh.
Analisis data yang dilakukan menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil
uji t-test didapat nilai thitung sebesar 7,518893181, sedangkan nilai ttabel dengan
taraf signifikan 5% dan db 25 didapatkan nilai ttabel sebesar 2,506. Dapat
diketahui bahwathitung > ttabel (7,518893181>2,506) sehingga Ha diterima dan
H0 ditolak. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata setelah dilakukan posttest
sebesar 71 dan ketuntasan belajar kalsikal sebasar 77%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran video kebencanaan dengan model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan pada tema 5
kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu
hendaknya guru dapat membuat pembelajaran yang aktif dan inovatif salah
satunya seperti media video kebencanaan dengan model Teams Games
Tournament (TGT) dan dapat digunakan sebagai referensi dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:54
Last Modified: 20 Nov 2024 04:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item
View Item