FADHILAH, KURNIATI (2020) PROFIL PEMBELAJARAN TEMATIK DITINJAU DARI STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA KURIKULUM 2013 KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KURNIATI FADHILAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
KURNIATI FADHILAH. NPM 16120124. “Profil Pembelajaran Tematik
Ditinjau dari STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada
Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
2020. Dosen Pembimbing I: Dr. Fenny Roshayanti, S.Pd., M.Pd., Dosen
Pembimbing II: Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini
adalah persiapan menghadapi abad 21 yaitu memperbaiki mutu pendidikan
dengan keterampilan abad 21 supaya kualitas pendidikan meningkat dengan
menganalisis buku tema yang berpotensi STEAM.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah profil pembelajaran
tematik ditinjau dari STEAM (Science, Technology, Engineering, Art,
Mathematics) pada Kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui profil pembelajaran tematik ditinjau dari STEAM pada
Kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui informasi tentang
potensi STEAM pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena data-data
yang diperoleh dari subyek penelitian menggunakan kata dan kalimat. Obyek
dalam penelitian ini adalah Buku Guru dan Buku Siswa Revisi 2017 Kelas IV
Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data sekunder
berupa dokumentasi yaitu Buku Guru dan Buku Siswa Revisi 2017 Kelas IV
Sekolah Dasar.
Hasil dari analisis dari Buku Guru dan Buku Siswa Revisi 2017 kelas IV
Sekolah Dasar menunjukkan bahwa pada setiap tema terdapat fakta yang mampu
berpotensi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics).
Namun, terdapat subtema yang tidak berpotensi STEAM, yakni Subtema 4 di
Tema 2, 4, 6, sebab dalam subtema tersebut merupakan kegiatan pembiasaan
literasi, jadi tidak terdapat potensi STEAM. Sembilan buku tema yang sudah
dianalisis menunjukkan bahwa jumlah potensi STEAM yaitu 173 dari 216
pembelajaran, didapatkan rata-rata potensi STEAM di setiap Tema yaitu 80%.
Hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa potensi STEAM dari fakta yang ada
di dalam Buku Guru dan Buku Siswa Revisi 2017 Kelas IV sudah dianggap
lumayan banyak. Namun, fakta dari Buku Guru dan Buku Siswa Revisi 2017
Kelas IV Sekolah Dasar masih sedikit yang sudah berpotensi STEAM. Maka,
perlu ada upaya untuk meningkatkan potensi STEAM agar dapat menjadi inspirasi
para guru. Apabila guru lebih kreatif dan inovatif maka fakta yang ada dapat
dibuat menjadi potensi STEAM.
Maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru diharapkan dapat
menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art,
Mathematics) dalam kegiatan proses belajar mengajar, agar kegiatan proses
belajar mengajar dapat lebih kreatif, inovatif, imajinatif, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8279 |