MOTIVASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PJKR UPGRIS VIA DARING/ONLINE SELAMA MASA COVID-19.

Sari, Ratih Sartika (2020) MOTIVASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PJKR UPGRIS VIA DARING/ONLINE SELAMA MASA COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ratih Sartika Sari.pdf] Text
Ratih Sartika Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ratih Sartika Sari,”Motivasi Pembelajaran Mahasiswa PJKR Upgris Via
Daring/Online Selama Masa Pandemi Covid-19”, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2020.
Latar belakang penelitian ini adalah Setelah banyaknya kasus covid-19 di
Indonesia khususnya di Jawa Tengah, menjadikan setiap perguruan tinggi
melakukan pembelajaran via daring/online. Rumusan masalah ini bagaimana
motivasi pembelajaran mahasiswa PJKR Upgris via daring/online selama masa
covid-19. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui motivasi pembelajaran
mahasiswa PJKR Upgris via daring/online selama masa covid-19.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif
dengan menggunakan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa
PJKR Upgris yang berjumlah 89 mahasiswa. Teknik sampling penelitian ini
menggunakan proposional random sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti adalah angket/kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi yang
sedang dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa Covid-19
yaitu sebanyak 56 responden atau 62,9 %, sedangkan yang memiliki motivasi
rendah dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa Covid-19
sebanyak 19 responden atau 21,4 %, sementara yang memiliki motivasi tinggi
dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa Covid-19
sebanyak 14 responden atau 15,7 %.
Disimpulkan bahwa mahasiswa PJKR Upgris belum termotivasi atau tidak
terlalu antusias dalam mengikuti perkuliahan dan hanya mengikuti perkuliahan
daring/online karena mengikuti peraturan yang diberlakukan dari kampus saja.
Berdasarkan pengolahan data didapatkan motivasi sedang dalam mengikuti
perkuliahan secara daring/online selama masa pandemi covid-19 yaitu sebanyak
56 responden atau 62,9 %. Saran 1) Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa
dalam mengikuti perkuliahan melalui daring/online di masa Covid-19 ini dapat
dilakukan dengan memberikan nilai tambahan bagi mahasiswa yang memenuhi
tugas yang diberikan dosen. 2) Untuk meningkatkan kedisiplinan bagi mahasiswa
dalam mengikuti perkuliahan melalui daring/online maka dosen dapat
memberikan sanksi bagi mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan secara
daring/online. 3) Dosen dapat merencanakan sistem pembelajaran dan
penyampaian materi yang lebih menarik seperti membuat picture maupun video
yang berkaitan dengan perkuliahan yang dilakukan.
Kata kunci : Motivasi, Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:52
Last Modified: 20 Nov 2024 04:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item
View Item