ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI KESALAHAN KASTOLAN

Ayuningsih, Ranti (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI KESALAHAN KASTOLAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ranti Ayuningsih.pdf] Text
Ranti Ayuningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam
memecahkan masalah program linear berdasarkan teori kesalahan Kastolan
serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya. Metode yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Comal
dengan pengambilan subjek penelitian menggunakan metode purposive
sampling dari seluruh populasi siswa kelas XII MIPA 2. Instrumen
pengumpulan data adalah soal tes sebanyak 1 permasalahan dengan 3 sub
pertanyaaan dan wawancara tidak terstruktur. Teknik pengumpulan data
yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan tahapan Kastolan, jenis kesalahan
dibedakan menjadi 3 yaitu : kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan
kesalahan teknik. Kesalahan yang paling banyak dilakukan yaitu kesalahan
konseptual sebesar 83%, kemudian kesalahan prosedural sebesar 56% dan
terakhir kesalahan teknik sebesar 17%. Faktor terjadinya kesalahan antara
lain : kesulitan dalam memahami konsep program linear, kurangnya latihan
soal, sikap terburu-buru dalam menyelesaikan soal, kurang teliti, kurang
paham konsep eliminasi 2 persamaan.
Kata kunci : kesalahan, tahapan kastolan, program linear

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:41
Last Modified: 20 Nov 2024 04:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item
View Item