PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENSTIMULASI SIKAP TEPA SALIRA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SEMARANG

OKTAVIANI, DEWI (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENSTIMULASI SIKAP TEPA SALIRA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEWI OKTAVIANI.pdf] Text
DEWI OKTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewi Oktaviani NPM 15150050 “Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif
Untuk Menstimulasi Sikap Tepas Salira Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri
Pembina Semarang” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang penelitian ini adalah metode pembelajaran kolaboratif untuk
menstimulasi sikap tepa salira anak, dngan melibatkan peran serta orang tua
dalam rangka menumbuhkan sikap tepa salira anak dan mendukung program
pembelajaran kolaboratif di TK Negeri Pembina Semarang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan metode
pembelajaran kolaboratif di TK Negeri pembina Semarang?, 2) Bagaimana cara
menstimulasi sikap tepa salira anak di TK Negeri pembina Semarang? 3)
Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif dapat Menstimulasi
Sikap Tepa Salira Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Semarang?.
Tujuan yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran kolaboratif di TK Negeri Pembina Semarang, mendeskripsikan cara
menstimulasi sikap tepa salira anak di TK Negeri Pembina Semarang,
mendeskripsikan metode pembelajaran kolaboratif untuk menstimulasi sikap tepa
salira anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan
data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi,
dan dokumen resmi lainnya. Penelitian ini berlokasi di Jalan Kelud Raya No 7
Gajah Munkur Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran
kolaboratif untuk menstimulasi sikap tepa salira anak usia 5-6 tahun di TK Negeri
Pembina Semarang dilakukan melalui kerjasama yang baik antar kepala sekolah,
guru, orang tua, serta murid. Stimulasi yang diberikan oleh sekolah dan juga
orang yua sangat membantu untuk bisa mencapai sikap tepa salira anak
penerapan pembelajaran kolaboratif sangat membantu untuk stimulasi sikap tepa
salira karena memang kolaboratif sendiri adalah mementingkan kerja sama yang
baika antar anggota kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampakan adalah Berilah
anak kesempatan untuk minum dan pipis sebelum kegiatan pembelajaran.
Sebaiknya nilailah anak dengan keadaan tertutup/ pada saat tidak di depan anak.
Sebaiknya berikan informasi untuk kegiatan yang akan dilakukan pada hari
selanjutnya.Sebaiknya berikan juga pembiasaan untuk sikat gigi setelah makan
siang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:44
Last Modified: 20 Nov 2024 04:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item
View Item