DEWI, KURNIA (2020) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KURNIA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi dan self-efficacy adalah dua hal yang sangat
penting dimiliki oleh siswa. Bukan hanya penting, namun keduanya
saling berkaitan satu sama lain. Seseorang yang yakin akan kemampuan
dirinya diharapkan kemampuan berkomunikasinya pun akan baik,
begitupun sebaliknya. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3
siswa. Pada artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana profil
kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy.
Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian angket, tes,
dan wawancara yang berupa soal penyelesaian masalah komunikasi
matematis. Hasil dari pengisian angket siswa diklasifikasikan pada 3
kategori yaitu self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Pengelompokkan
siswa ini didasarkan pada pengisian angket yang diberikan oleh peneliti,
dari hasil pengisian angket tersebut diperoleh dalam bentuk presentase
yaitu sebanyak 33,3% siswa pada tingkat self-efficacy rendah. Hasil
menunjukan bahwa siswa kelas VII A yang memiliki tingkat self-efficacy
rendah cenderung memiliki kemampuan komunikasi matematis yang
rendah. Namun pada siswa yang memiliki self-efficacy rendah ia sedikit
unggul diibandingkan dengan siswa yang memiliki tingkat self-efficacy
sedang, karena pada tes kemampuan komunikasinya siswa dengan self-
efficacy rendah mampu menjelaskan dengan runtut dan benar pada saat
wawancara sedangkan untuk siswa yang memiliki self-efficacy sedang ia
mengalami kebingungan atau tidak percaya diri saat menjelaskan
jawabannya. Melihat rendahnya tingkat self-efficacy maka diperlukan
upaya guru untuk memastikan lebih detail tingat self-efficacy yang
dimiliki siswa dalam satu kelas, dengan begitu maka guru akan
memberikan perhatian yang lebih pada siswa dengan tingkat self-efficacy
rendah. Selain itu guru sebaiknya mengetahui kemampuan komunikasi
matematis tiap siswanya sehingga bisa memberikan perhatian yang lebih
khusus kepada siswa yang memiliki tingkat kemampuan komunikasi
rendah, karena dalam matematika komunikasi juga sangat penting.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy
STUDENTS 'MATHEMATIC ABILITY STUDY VIEWED FROM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:41 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8269 |