MADALENA, RANI (2020) ANALISIS ASSESMENT HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI IPA KELAS RENDAH SDN BUGANGAN 2 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RANI MADALENA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Rani Madalena. “Analisis Assesment Higher Order Thinking Skills Pada
Materi IPA Kelas Rendah SDN Bugangan 2 Semarang”. Skripsi, Fakultas Ilmu
Pendidikan.Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1 Filia Prima
Artharina, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Henry Januar Saputra, S.Pd.,M.Pd.
Agustus.2020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan pada
tanggal 29 oktober 2019 dan 5-6 Desember 2019 dengan Ibu Astri Purbasari S.Pd,
Ibu Tutik Lestari S.Pd dan Ibu Siti Romlah S.Pd yang merupakan guru kelas
rendah SDN Bugangan 2 Semarang yang dapat disimpulkan bahwa dalam
menyusun soal penilaian harian guru tidak membuat kisi-kisi dan melakukan
penilain berupa ucap jawab.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Analisis Assesment Higher Order
Thinking Skills Pada Materi IPA Kelas Rendah Semester 1 SDN Bugangan 2
Semarang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Assesment
Higher Order Thinking Skills Pada Materi IPA Kelas Rendah SDN Bugangan 2
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskripsi kualitatif yang hasil penelitian disajikan dengan bentuk kata-
kata. Tempat yang dipiih dalam penelitian ini yaitu SDN Bugangan 2 Semarang.
Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Assesment HOTS Pada Materi IPA Kelas Rendah Semester 1 SDN Bugangan
2 Semarang dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil telaah soal HOTS
yang digunakan pada PTS dan PAS. Namun ada beberapa soal atau penilaiam
yang tidak bermuatan materi IPA, karena dalam kelas rendah IPA masih
terintegrasi denga materi Bahasa Indonesia sehingga dalam pembuatan soal kedua
materi dibagi. Langkah-langkah penyusunan soal HOTS yang dilakukan masih
dalam kategori kurang dilihat dari hasil observasi yang disimpulkan mendapat
skor 60. Guru sudah memanfaatkan hasil penilaian dan melaporkan hasil penilaian
sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan wawancara dan dokumentasi yang
menunjukkan bahwa guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengukur
kemampuan siswa dan melaporkannya dalam bentuk deskripsi pada aplikasi
raport.
Guru sebaiknya membuat kisi-kisi dalam menyusun soal atau penilaian,
karena kisi-kisi merupakan pedoman untuk menyusun soal dan dalam pembuatan
soal materi yang saling terintegritas harus ada dalam soal. Bagi sekolah, sekolah
diharapkan terus melakukan evaluasi terhadap guru dalam melaksanakan
penilaian, agar penilaian berorientasi HOTS dapat meningkatkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:35 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8267 |