PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUEEN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGSUMBER

PRASTOWO, KUKUH HERI (2020) PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUEEN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGSUMBER. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of kukuh.pdf] Text
kukuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KUKUH HERI PRASTOWO. NPM 15120400. “Pengaruh Model Team Games
TournamentBerbantu Media Queen Ludo Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
IPA Kelas IV SD Negeri 02 Karangsumber”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Henry Januar Saputra, S.Pd, M.Pd.Pembimbing II Muhajir, S.Pd,
M.Hum.Januari. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada matapelajaran IPA. Hal tersebut dalam memberikan
pembelajaran IPA pada materi siklus pentingnya menghemat energi guru belum
menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, siswa hanya mendengarkan
materi yang diajarkan, mencatat materi, dan mengerjakan soal yang diberikan
guru, sehingga siswa kelas IV di SDNegeri 02 Karangsumber menjadi pasif,
menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
TGT(Team Games Tournament)berbantu media Queen Ludoterhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 02 Karangsumber? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model
TGT(Team Games Tournament) berbantu media Queen Ludo terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 02 Karangsumber
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain
penelitian pre-eksperimen yaitu one group pretest-posttest design. Sampel yang
diambil adalah 25 siswa kelas IV. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
model
Team
Games
Tournamentberbantu media Queen Ludo memberikan perbedaan signifikan
terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar
11,321 sehingga thitung lebih besar dari pada ttabel (11,321> 2,064). Hasil belajar
siswa dapat dilihat dari perolehan posttest yang lebih tinggi dari pada nilai pretest.
Rata-rata nilai pretest diperoleh 55,36 sedangkan posttest diperoleh rata-rata76,48.
Kesimpulannya bahwa model Team Games Tournamenberbantu media Queen
Ludo berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model Team Games Tournamentberbantu media Queen Ludodapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:35
Last Modified: 20 Nov 2024 04:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item
View Item