Buyarani, Ramli Fawwaz (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA ( WALKING IN THE AIR ) MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 GUNTUR DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Ramli Fawwas Buyarani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ramli Fawwaz Buyarani. ”Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di
udara (Walking in the Air) melalui media audio visual pada pembelajaran
penjasorkes siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Guntur Demak”. Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI
Semarang. 2019.
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu kemampuan siswa dalam
bidang lompat jauh masih rendah pada kelas XI SMA Negeri 1 Guntur Demak.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat
jauh gaya berjalan di udara (walking in the air) melalui media audio visual dalam
pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Guntur
Demak.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen semu
(Quasi Eksperimen). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true
eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Guntur Demak. Sampel diambil dengan
menggunakan cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui
hasil belajar siswa. Metode analisis data menggunakan uji t dengan taraf
signifikan 5%.
Penghitungan data diperoleh dari 60 siswa 30 siswa kelas eksperimen (XI
IPA 2) dan 30 siswa kelas kontrol (XI IPA 1) diketahui pengujian normalitas nilai
signifikansi 0,750. Uji homogenitas nilai signifikansi 0,786. Hasil perhitungan
menggunakan rumus t-test diperoleh hasil thitung sebesar 10.716 dan ttabel diperoleh
dari db = n-2 sebesar 2,009 pada taraf signifikan 5%.
Simpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar lompat
jauh gaya berjalan di udara (walking in the air) melalui media audio visual dalam
pembelajaran penjasorkes. Kenaikan kelas eksperimen 6,8%. Kenaikan kelas
kontrol 2,6%. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru mata
pelajaran di sekolah proses belajar lebih kreatif dalam menggunakan media
pembelajaran agar siswa lebih tertarik.
Kata kunci : Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the
Air), Media Audio Visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8261 |