LESTARI, DEWI (2019) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR PESEKUTUAN BESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL. (STUDI DESKRIPTIF DI KELAS IV SDN KALIGAWE KOTA SEMARANG). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI LESTARI pgsd.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
DEWI LESTARI,NPM 15120375. “Keefektifan Model Number Head
Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi
Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil.(Studi Deskriptif Di
Kelas IV SDN Kaligawe Kota Semarang)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Rahmat Sudrajat, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II M. Yusuf Setia
W,S.Pd., M.Pd. 2019.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah Saat pelajaran
matematika siswa terkesan kesulitan dalam memahami materi, memecahkan
suatu masalah dan takut jika di minta guru untuk mencoba ke depan. Dalam
pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional. Nilai KKM yang
ditetapkan untuk mata pelajaran matematika kelas IV adalah 70. Nilai rata-rata
kelas pada saat ulangan harian adalah 65 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai
terendah 40. Dari hasil nilai siswa, peneliti melakukan observasi pada kegiatan
belajar siswa diperoleh beberapa permasalahan antara lain siswa kurang aktif saat
pembelajaran dan masih ada nilai siswa yang belum tuntas KKM pada pelajaran
matematika. Dari hasil ulangan harian terdapat 60,7 % siswa belum mampu
memenuhi KKM.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan antara
hasil pre-test dengan post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model
NHT dan kelas kontrol dengan model konvensional, Apakah ada perbedaan
peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, Apakah
model NHT efektif terhadap hasil belajar siswa materi FPB dan KPK”. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan antara hasil pre-test dengan post-test
hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model NHT dan kelas kontrol dengan
model konvensional, Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen
dengan kelas kontrol, Mengetahui model NHT memenuhi kriteria sebagai model
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
pre-experimental dengan non-equivalent control group pre-test post-test design.
Subjek yang digunakan seluruh siswa kelas IV A dan IV B SDN Kaligawe terdiri
dari siswa kelas IV A dan IV B berjumlah 56 dengan menggunakan teknik
sampling jenuh.Teknik pengumpulan data dengan tes,observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 50,54 dan
nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 50,00. Sedangkan rata-rata posttest kelas
kontrol 69,11 dan rata-rata posttest kelas eksperimen 76,42. Hal tersebut
dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah thitung>ttabel (2,093 > 2,021). Sehingga
terdapat keefektifan yang signifikan dengan menggunakan model NHT terhadap
hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK kelas IV SDN Kaligawe mengalami
peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikanbahwa
perlunya peningkatan pelatihan terhadap guru kelas agar dapat menerapkan model
pembelajaran yang bervariasi khususnya pada mata pelajaran matematika
sehingga siswa dapat pula meningkatkan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:27 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8260 |